Transaksi Transfer TKI Asal Kabupaten Lebak Capai Rp 7 M

LEBAK, (KB).- Transaksi transfer uang milik tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Lebak melalui jasa pelayanan Western Union (WU) Kantor Pos mencapai Rp 7 miliar setiap bulan. Uang transfer tersebut, berasal dari TKI yang ada di negara ASEAN, Amerika dan Uni Emirat Arab.

“Jumlah transaksi uang transfer TKI asal Lebak kepada keluarganya melalui WU kantor Pos, jika di akumulasikan mencapai Rp 7 miliar setiap bulannya,” kata Petugas Pelayanan Kantor Pos Rangkasbitung, Dede Imam Munawar, Rabu (22/5/2019).

Ia menjelaskan, besaran uang TKI yang bertransaksi melalui WU Kantor Pos berdasarkan data tahun 2018 dan tahun 2019 tidak jauh berbeda. Jika dilihat dari data transaksi tahun 2019 di bulan Januari mencapai Rp 8 miliar, Februari Rp 6 miliar, Maret dan April Rp 7,5 miliar. Adapun bulan Mei sekarang ini baru mencapai Rp 7,1 miliar.

“Tidak menutup kemungkinan akan bertambah terus, karena mendekati waktu lebaran yang biasanya mengalami kenaikan signifikan,” katanya.

Jumlah transaksi setiap bulan, kata dia, yaitu antara 1.800-1.900 kali terjadi di WU Kantor Pos yang tersebar di sejumlah Kantor Pos di Kabupaten Lebak. Dari beberapa cabang Kantor Pos, transaksi yang nilainya besar di Kantor Pos Rangkasbitung, Maja, Cipanas dan Kecamatan Malingping.

“Layanan WU menjadi pilihan warga, karena prosesnya sangat cepat. Dari negara asal dikirim, maka dalam lima menit sudah bisa ditarik,” ucapnya.

Proses penarikan uang dapat dilakukan di Kantor Pos maupun bank terdekat. Khusus di Kabupaten Lebak banyak dilakukan di Kantor Pos cabang.

“Kami siap memberikan pelayanan yang terbaik,” tuturnya. Sementara itu, warga Rangkasbitung Didi Muhtadi mengatakan, transaksi WU melalui Kantor Pos masih menjadi pilihan terbaik. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here