Transaksi Non Tunai Desa, Apdesi Minta Penjelasan Pemkab Lebak

LEBAK, (KB).- Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Lebak menggelar pertemuan atau audiensi dengan DPRD Lebak, Rabu (27/3/2019).

Apdesi mendorong agar DPRD melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait kebijakan pemerintah daerah tentang penerapan Transaksi Non Tunai bagi desa tahun 2019.

“Kita mendorong agar DPRD melaksanakan RDP dengan pemerintah daerah membahas kebijakan penerapan non tunai bagi desa. Karena, kami melihat kebijakan itu kurang relevan,” kata Ketua Apdesi Lebak Bedah Marwiyah saat audiensi, Rabu (27/3/2019).

Menurutnya, kebijakan penerapan non tunai bagi desa melalui penerbitan Petunjuk Teknis Operasional (PTO) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) tentang penerapan non tunai bagi desa. Penerapan kebijakan itu, selain tidak relevan juga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di desa.

“Makanya, kita ingin PTO direvisi. Karena, jika tidak bisa menghambat pelaksanaan APBDes tahun anggaran 2019,” ujarnya.

Wakil Ketua Apdesi Lebak Darmawan sangat mengapresiasi kinerja wakil rakyat yang sangat cepat merespon aspirasi Kepala desa (Kades) melalui wadah Apdesi. Ia berharap aspirasi yang disampaikan Apdesi bisa difasilitasi DPRD melalui RDP.

“Apdesi hanya ingin kewenangan desa tidak dirampas. Pemerintah desa memiliki kewenangan berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor: 6 Tahun 2014 tentang Desa,” tuturnya.

Selain itu, Apdesi juga membahas tentang penyesuaian pokok ketetapan (Poktap) Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) tahun 2019 yang penetapan nilai pajaknya diduga tidak berdasarkan perhitungan sesuai data objek pajak yang akurat.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Lebak Junaedi Ibnu Jarta memastikan RDP akan segera diagendakan sebelum Pemilu agar semua permasalahannya cepat selesai dan kegiatan di desa bisa berjalan. “Akan kita agendakan secepatnya agar pembangunan di desa bisa berjalan tanpa kendala,” ucapnya. (Lugay/PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here