TPAS Cilowong tidak Memadai, Pemkot Serang Tolak Sampah Cilegon

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menolak keinginan Pemkot Cilegon, yang telah melayangkan surat permohonan untuk membuang sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Sebab, kondisi TPAS Cilowong saat ini tidak memadai untuk menampung sampah.

“Terkait dengan masalah Pemkot Cilegon untuk membuang sampah di Kota Serang, kemungkinan besar kami tidak akan ACC (terima). Karena kondisi TPAS yang ada di kami membutuhkan penanganan secara khusus. Sehingga kalau kami menerima sampah dari Cilegon itu tidak akan bisa menampung,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto, Senin (14/10/2019).

Selain itu, kata dia, TPAS Cilowong juga sudah terlalu banyak menampung sampah limpahan dari Kabupaten Serang, serta sampah perkantoran dari Pemprov Banten. Sehingga, perlu adanya penataan dari sisi pengelolaannya, agar permasalahan sampah bukan hanya dipindahkan tapi bisa diselesaikan.

“Kemudian, kami juga harus membuat kajian tentang kelayakan Cilowong. Apakah masih bisa difungsikan atau tidak untuk ditahun ini dan tahun ke depan. Kalaupun masih bisa digunakan, berapa lama lagi bisa difungsikan. Jadi langkah-langkah itu yang harus kami lakukan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, apabila TPAS Cilowong ini dipindahkan ke Bojong Menteng, Kabupaten Serang. Pihaknya akan melihat seberapa banyak kapasitas menampung dilokasi tersebut dan sudah sejauh mana tahapan Pemprov Banten dalam membuat TPAS Regional. Jika memungkinkan untuk menampung seluruh sampah buangan dari kota dan kabupaten, tentu sangat memungkinkan untuk dipindahkan.

“Jadi nanti kami tinggal melihat kapasitasnya saja. Luasnya berapa, kemudian sanggup atau tidak menampung sampah dari kota dan kabupaten lain. Kesiapan dan tahapannya sudah sampai dimana. Kalau tidak bisa, mau tidak mau, suka tidak suka, Cilowong akan tetap digunakan,” ucapnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Wali Kota Serang Syafrudin. Secara tegas ia menolak Pemkot Cilegon membuang sampah di TPAS milik Kota Serang. Sekalipun retribusi yang diberikan besar dan berkali lipat, pihaknya tetap menolak. Sebab, kondisi Cilowong saat ini sedang dalam penataan pasca longsor pada tahun lalu.

“Kami memberikan ketegasan, sekalipun retribusinya besar, saya menolak. Sebab tahun lalu saja longsor. Kami sendiri baik Pemkot maupun Pemkab seharusnya tidak membuang sampah disana. Jadi Pemkot Serang menolak Pemkot Cilegon membuang sampah ke Cilowong,” katanya.

Ia juga mengatakan, kalau Pemkot Cilegon belum memberikan surat permohonan terkait permintaan tempat pembuangan sampah. “Belum, saya belum menerima suratnya, dan memang mungkin belum melayangkan (surat),” ujarnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here