Tongkang Batu Bara Terdampar di Perairan Bayah

LEBAK, (KB).- Sebuah Tongkang bertuliskan BG Batang yang mengangkut sebanyak 8000 ton batu bara yang akan bongkar di terminal khusus (Tersus) PT Cemindo Gemilang (CG) terdampar di perairan Bayah tepatnya di pantai Ranca Beureum betulan Kampung Cikumpay, Desa Bayah Barat, Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Selasa (16/7/2019), sekitar pukul 14.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa terdamparnya tongkang yang mengangkut batu bara dari Kalimantan itu. Namun menyebabkan seorang Anak Buah Kapal (ABK) yang belum diketahui identitasnya terjebak di tongkang tersebut.

Menurut informasi, peristiwa terdamparnya tongkang tersebut akibat terseret ombak yang terjadi bermula saat tongkang akan sandar untuk bongkar di tersus milik PT CG. Namun nahas, saat kapal tongkang akan sandar angin kencang dan ombak besar terjadi dan menyebabkan tali terputus sehingga terdampar.

“Benar, tidak jauh dari rumah saya, sekitar pukul 14.55 WIB, tongkang pengangkut batu bara sekitar 8000 ton terdampar. Korban jiwa gak ada. Seorang ABK terjebak di tongkang,” kata seorang warga, Didin kepada Kabar Banten, Selasa (16/7/2019) malam.

Didin mengatakan, sejumlah nelayan yang mengetahui adanya seorang ABK yang terjebak di tongkang, langsung menuju tongkang untuk mengevakuasi ABK tersebut. “Nama ABK nya gak tahu, tadi para nelayan langsung menuju tongkang ketika mendengar ada orang berteriak minta tolong di tongkang yang terdampar tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Bayah, AKP Tatang Warsita menyampaikan, bahwa terdamparnya tongkang tersebut disebabkan karena ombak atau gelombang tinggi dan arus laut yang sangat kuat. “Ya benar, kejadian terdamparnya tongkang bermula ketika tongkang sedang menunggu bongkar di terminal khusus (Tersus) PT Cemindo Gemilang, ujarnya.

Ia mengatakan, beberapa saat setelah sandar, tiba-tiba ombak besar dan gelombang tinggi serta arus yang sangat kuat menerpa perairan sekitar tersus PT Cemindo Gemilang hingga akhirnya menyebabkan tongkang terseret dan terdampar. “Lokasi terdamparnya tongkang, berjarak sekitar 200 meter dari pantai Cikumpay. Alhamdulilah tidak ada korban. ABK nya selamat,” ujarnya.(DH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here