Tolak Reklamasi Wilmar, Nelayan Bojonegara Unjuk Rasa di Laut

Ratusan nelayan Bojonegara Kabupaten Serang, melakukan unjuk rasa di tengah laut, Ahad (13/10/2019). Mereka menolak kegiatan reklamasi yang tengah dilakukan oleh PT Wilmar di perairan Bojonegara.*

SERANG, (KB).- Ratusan nelayan Bojonegara Kabupaten Serang, melakukan unjuk rasa di tengah laut, Ahad (13/10/2019). Mereka menolak kegiatan reklamasi yang tengah dilakukan oleh PT Wilmar di perairan Bojonegara.

Pantauan Kabar Banten, sekitar 30 kapal nelayan dikerahkan untuk mengangkut seratus lebih nelayan. Mereka berangkat dari Pangkalan Nelayan Kampung Pangsoran, Desa Bojonegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang sekitar pukul 13.00 WIB.

Rombongan nelayan kemudian merapat ke lokasi reklamasi di Kawasan Industri Terpadu Wilmar. Aksi para nelayan tersebut dijaga oleh sejumlah kepolisian dari Dirpolairud Polda Banten dan Polsek Bojonegara.

Koordinator Nelayan Pangsoran, Sarkani mengatakan, nelayan dirugikan atas kegiatan yang dilakukan oleh PT Wilmar. Karena reklamasi ini telah merusak biota laut di perairan Bojonegara.

“Ini bentuk penjajahan baru, hanya karena mengutamakan kepentingan industri, rakyat kecil khususnya nelayan dibunuh pelan-pelan. Karena ladang penghasilan kami yaitu biota laut,” katanya.

Sarkani mengatakan, pihaknya akan terus melakukan unjuk rasa. Terlebih jika pihak perusahaan melakukan reklamasi tanpa terlebih dahulu melakukan sosialisasi dan musyawarah dengan masyarakat.

“Perjuangan kami akan terus berlangsung, jika perusahaan tidak menganggap penting masyarakat nelayan,” ujarnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here