Tol Kunciran-Serpong Gratis 2 Minggu

Presden Jokowi saat meresmikan Tol Kunciran-Serpong yang menghubungkan Ibu Kota Jakarta dengan Provinsi Banten, Sabtu (7/12/2019).*

TANGERANG, (KB).- Tol Kunciran-Serpong yang menghubungkan Ibu Kota Jakarta dengan Provinsi Banten telah dioperasikan pada Sabtu (7/12/2019).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pada operasi perdananya, Tol Kunciran-Serpong akan digratiskan.

“Gratis selama dua minggu ini, mulai dibuka Sabtu (7/12/2019) pukul 06.00 WIB,” ujar Basuki.

Basuki menjelaskan, hal itu dikarenakan ada penghitungan terlebih dahulu oleh BPJT.

“Untuk tarif lagi dihitung oleh BPJT, sedang dihitung kontruksinya dengan nilai konsumsi yang sekarang,” ujarnya.

Jalan tol Serpong – Kunciran merupakan salah satu ruas dari enam ruas tol yang menjadi bagian proyek JORR II dengan panjang hingga 11,19 Kilometer.

Terbagi atas dua paket pekerjaan, yaitu Paket 1 Ruas Kunciran-Parigi sepanjang 6,711 kilometer dan paket 2 ruas Parigi-Serpong sepanjang 4,424 kilometer.

Lebih lanjut Basuki menuturkan, struktur tol ini menghubungkan Jabodetabek.

“Struktur pertama cincin 51 kilometer, Cawang-Pluit-Tanjung Priok JORR. 74 kilometer Kembangan-Pondok Indah-Rambutan-Celincing-Tanjung Priok. JORR 2 110 kilometer, Cengkareng Kunciran Serpong Cinere Cimanggis dan Cilincing. Tahap konstruksi selesai pertengaham 2020 yaitu Cengkareng dan Cinere,” paparnya.

Sementara, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany berharap, dibukanya tol ini dapat mengurai kemacetan, serta mempermudah masyarakat dalam mencari alternatif moda transportasi.

“Dan tentu bisa mempercepat akses perjalanan pengendara dari satu ke tempat lainnya,” katanya.

Airin melanjutkan, untuk tol Cinere – Serpong seperti yang dikatakan menteri selesai pada Mei 2020 selesai.

“Kalau Cinere – Serpong target pak menteri katakan bulan Mei mudah-mudaha tidak ada halangan secara laporan sudah di 75 persen jadi mudah-mudahan dapat mencapai target, jadi pembebasan berjalan infrastruktur juga berjalan,” tandasnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here