Senin, 19 Februari 2018

TNUK Jadi Ikon Wisata Pandeglang

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) menawarkan berbagai keindahan alam, mulai dari keindahan laut, air terjun, air panas dan melihat berbagai jenis satwa. Wisata tersebut cocok bagi wisatawan yang hendak menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga.

Kasi Promosi Dinas Pariwisata, (Dispar) Pandeglang, Imron Mulyana mengatakan, berbagai tempat objek wisata yang menyuguhkan keindahan alam yakni di Taman Nasional Ujung Kulon (TUNK), tepatnya di Kampung Paniis, Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

”TNUK merupakan objek wisata alam yang menarik, dengan keindahan berbagai bentuk gejala dan keunikan alam berupa sungai-sungai, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, dan taman laut. Kesemuanya merupakan pesona alam yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sulit ditemukan di tempat lain,” kata Imron, Jumat (27/10/2017).

Menurut Imron, tempat wisata ini punya daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Apalagi saat kita tiba di lokasi, akan melihat indahnya gerbang wisata di Kampung Paniis dengan pintu masuk utama dilengkapi fasilitas, pusat informasi, dan wisma tamu. Ada berbagai pulau yakni Pulau Peucang, Pulau Handeuleum, Cigenter, Cihandeuleum, Badul dan Gunung Honje.

”Pokoknya, saat kita berkunjung ke TNUK tidak akan mengecewakan. Karena semua tempat wisata bahari dan pegunungan menyempurnakan keindahan wisata tersebut. Wisata ini ibarat surganya bagi wisatawan yang berkunjung ke Pandeglang. Dari beberapa pulau yang ada, lokasi yang dapat dinikmati pun banyak alternatif dan tidak pernah membuat bosan,” ujarnya.

Kalau kita berkunjung ke Pulau Peucang, di sana bisa menikmati suasana alam indah. ”Beberapa keajaiban alam Pulau Peucang dapat dinikmati, seperti Pantai Pasir Putih, terumbu karang, perairan laut yang biru jernih yang sangat ideal untuk kegiatan berenang, menyelam, snorkeling dan tempat ideal bagi pengamatan satwa rusa di habitat alamnya,” tuturnya.

Apa lagi, jika kita bergeser ke Pulau Handeuleum, Cigenter dan Cihandeuleum banyak pilihan fasilitas yang akan dinikmati. ”Ketika berkunjung ke pulau itu, wisatawan akan menikmati perairan laut biru dan jernih, keindahan pengamatan satwa (banteng, babi hutan, rusa, jejak-jejak badak Jawa dan berbagai macam jenis burung) dan menelusuri sungai di ekosistem hutan mangrove,” ucapnya.

Sementara wisata Pulau Badul dengan pulau kecil, juga tidak terkalahkan keindahan alamnya, karena wisatawan bisa menikmati keindahan dasar laut saat menyelam di sekitar pulau. Kita akan melihat luasnya panorama dasar laut yang dihiasi ikan-ikan langka dan terumbu karang.

”Di Pulau Badaul perairan lautnya sangat biru jernihan. Ada fasilitas diving, snorkeling dan penanaman terumbu karang yang disediakan oleh pemandu dari kelompok yang bernama Panles. Oh ia ada Gunung Honje juga dengan fasilitas traking sambil melihat satwa liar menuju air terjun curug Paniis dengan ketinggian 10 meter dan ada juga air panas,” tuturnya. (Iman Fathurohman) ***


Sekilas Info

Asperapi Banten Dorong ICE Jadi Destinasi Prioritas

SERANG, (KB).- Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banten, DPD Asperapi Banten mengusulkan agar Indonesia Convention …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *