Minggu, 25 Februari 2018

TNI Amankan 9 Senpi Replika

TANGERANG, (KB).- Komando Distrik Militer (Kodim) 0506 Tangerang mengamankan sembilan pucuk senjata jenis airsoftgun, Senin (23/10/2017). Senjata tersebut diketahui milik Afkoni, salah seorang warga Desa Kampung Baru Cibayana RT 23/03, Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang.

Berdasarkan informasi dihimpun Kabar Banten, aparat TNI dari Kodim 0506 Tangerang datang ke lokasi bersama kepolisian pada pukul 16.30, Senin (23/10/2017). “Sembilan senjata api tersebut bukan asli melainkan replika,” kata Kapolsek Cisoka AKP Amanta Wijaya, Selasa (24/10/2017).

Jenis-jenis senjata replika yang diamankan dari rumah seorang warga tersebut adalah satu pucuk Jat Minimi, dua pucuk Jat Ak, satu pucuk Jat Stayer, dua pucuk Hat M16, tiga pucuk Jat Angin, satu ransel serbuk dan tiga tas senjata laras panjang. “Selanjutnya sembilan pucuk senjata api replika tersebut diamankan ke Makodim 0506 Tangerang, termasuk dua gulung kabel, satu buku catatan, berikut faktur-faktur jual beli emas dan kuitansi sewa eskavator,” katanya.

Saat ditanyakan kelanjutan untuk orang yang diduga pemilik sembilan pucuk senjata api replika atas nama Afkoni, seorang pandatang baru dari Padang, Kapolsek enggan menjawab lebih lanjut. “Silakan tanyakan ke Makodim 0506, karena itu bukan kewenangan kami,” ujarnya.

Bantah amankan teroris

Sementara itu, Dandim 0506 Tangerang, Letkol Infanteri Muhammad Imam Gogor Aghnie Aditya membantah dirinya mengamankan terduga teroris. “Tidak benar, akan adanya isu yang menyebut bahwa ada penangkapan terduga teroris seiring dengan penyitaan airsoftgun di Solear,” ucapnya di Makodim 0506 Tangerang, Selasa (24/10/2017).

Gogor mengaku telah bertemu dengan pemilik senjata airsoftgun tersebut. Pemilik replika mengaku menyimpan airsoftgun tersebut dari rumah lama yang dijualnya. “Jadi Pak Afkoni ini memiliki bisnis jasa pindah rumah, saat dia memindahkan barang dari rumah ke Bintaro, pemiliknya meninggalkan senjata-senjata tersebut, akhirnya dibawa dan disimpan,” tutur Gogor.

Namun, saat temannya datang ke rumah dan sedang memainkan senjata tersebut, ada seorang warga yang melihat dan melaporkan ke Koramil Cisoka. “Saat anggota datang bersama aparat desa setempat untuk mengecek rumah tersebut, terlihat dari luar memang ada senjata tersebut, namun tidak ada penghuninya,” katanya. Kini, Afkoni sang pemilik senjata tersebut tidak diamankan, namun dikenakan wajib lapor. “Pemilik tidak kita tahan, namun kita kenakan wajib lapor agar terus kita awasi,” ujarnya. (DA)***


Sekilas Info

Maling Alquran Tertangkap

Seorang pria paruh baya diamankan petugas Polsek Tangerang Kota setelah kedapatan mencuri tas berisi Alquran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *