Minggu, 24 Juni 2018

Titik Nol Anyer Pikat Daya Tarik Wisatawan

Anyer adalah salah satu objek wisata pantai yang paling terkenal di Banten. Selain pantainya yang indah dengan pasir putih yang lembut serta aman untuk berenang. Banyak wisatawan baik lokal maupun luar daerah yang mengunjungi Pantai Anyer hanya sekadar untuk menikmati liburan bersama keluarga.

Hampir disetiap akhir pekan objek wisata Pantai Anyer selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak remaja sampai keluarga. Salah satu yang paling menarik dari Pantai Anyer adalah mercusuar yang terletak di Cikoneng, Anyer Kabupaten Serang.

Mercusuar ini merupakan titik nol dari pembangunan jalan antara Anyer dan Panarukan pada masa penjajahan zaman Belanda. Mercusuar itu sendiri sempat hancur pada tahun 1883 akibat letusan dari Gunung Krakatau. Kemudian dibangun kembali pada tahun 1885 pada masa pemerintahan ZM Willem III sebagai Menara Suar Cikoneng yang lokasinya berjarak 50 meter ke arah daratan dari Menara Suar lama.

Sebelumnya menara suar tersebut dibangun pada tahun 1806, sedangkan Jalan Anyer-Panarukan dimulai pada tahun 1825. Berwisata ke titik nol Pantai Anyer tidak hanya sekadar wisata liburan saja, tetapi bisa juga mengetahui sejarahnya. Karena disetiap sudut terdapat monumen bersejarah yang menceritakan bagaimana terbentuknya menara suar tersebut.

”Iya saya sering ke Pantai Anyer, tapi baru kali ini masuk ke titik nol mercusuar Anyer. Awalnya saya kira nggak dibuka untuk umum, jadi saya nggak berani masuk. Terus melihat banyak yang berswafoto disana akhirnya saya penasaran dan ikut masuk. Seru juga ternyata, kita jadi tau bagaimana sejarah Anyer-Panarukan dan tahun berapa mercusuar ini dibangun,” ujar Muis, pengunjung wisata sejarah asal Kota Serang.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke titik nol Anyer dan ingin menginap, di sana juga sudah tersedia penginapan atau wisma yang disewakan untuk umum. Penginapan tersebut dikelola Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla). Karcis masuk titik nol Pantai Anyer sama seperti karcis masuk pantai lainnya, yaitu kisaran Rp 30.000 sampai Rp 50.000 untuk roda empat dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda dua. (Rizqi Putri/Job)***


Sekilas Info

Gunung Pinang Jadi Primadona

Gunung Pinang merupakan salah satu dataran tinggi yang berada di Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *