Tips Memilih Bus Travel untuk Perjalanan Jakarta-Bandung

Liburan ke Bandung seringkali jadi pilihan yang nyaman untuk banyak orang. Kota Bandung selalu jadi destinasi wisata yang menyenangkan berkat udaranya yang sejuk dan daya tarik wisata kulinernya yang beragam. Banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan ingin melakukan weekend gateaway ke Bandung. Kamu bisa pakai mobil pribadi, kereta api, atau tinggal temukan rute XTrans lengkap untuk perjalanan ke Bandung. Agar perjalananmu nyaman, berikut ini tips memilih bus travel untuk perjalanan Jakarta – Bandung.

1. Hindari jam sibuk

Memilih transportasi bus travel mungkin tidak menjadi pilihan bagi beberapa orang, terlebih lagi dengan adanya uji coba contra flow di ruas jalan Jakarta – Bandung. Meski demikian, akan lebih melelahkan kalau kamu membawa kendaraan pribadi. Ya, pakai bus travel akan memberikan kesempatan untuk tetap melakukan aktivitas lain ketimbang harus duduk di belakang kemudi.

Perjalanan Jakarta – Bandung pada praktiknya masih bisa ditempuh dalam waktu normal sekitar 3 – 4 jam. Hanya saja, kamu harus pintar memilih waktu keberangkatan dengan menghindari jam sibuk. Hindari jadwal keberangkatan yang bertepatan dengan waktu berangkat atau pulang kantor. Biasanya, hal ini akan memperparah kemacetan di ruas jalan dalam kota.

2. Pilih jadwal dari jauh-jauh hari

Memilih jadwal keberangkatan bus travel memang tidak mudah, terutama kalau kamu memang sedang banyak kesibukan di kantor. Namun, kalau memang sudah merencanakan jadwal keberangkatan sejak lama, kamu bisa langsung mengecek jadwal yang diinginkan. Setelah itu, kamu bisa langsung memesan jadwal yang strategis di siang hari atau pagi-pagi sekali. Jadi, kamu bisa meminimalisasi kemacetan berjam-jam selama perjalananmu berlangsung.

3. Pilih lokasi pool terdekat

Saat menggunakan bus travel, kamu akan berangkat dari pool bus. Pastikan kamu memilih pool bus yang dekat dengan lokasi kantor atau tempat tinggal. Hal ini akan memudahkan kamu untuk datang tepat waktu tanpa harus menempuh jarak perjalanan jauh ke pool bus travel. Masalahnya, kamu tetap akan ketinggalan bus jika tidak berhasil datang tepat waktu ke pool keberangkatan.

Agar lebih mudah, kamu juga bisa memilih pool bus yang dekat dengan tempat tujuan seperti penginapan di Bandung. Jadi, saat perjalanan dari Jakarta ke Bandung ternyata memakan waktu yang lebih lama dari perkiraan, kamu bisa beristirahat terlebih dahulu tanpa harus tersesat karena menempuh atau mencari lokasi penginapan yang jauh dari pool bus.

4. Datang 30 menit sebelum keberangkatan

Sebelum bus travel berangkat, kamu akan tetap diharuskan untuk check-in layaknya prosedur keberangkatan moda transportasi umum lainnya. Prosedur registrasi umum akan diberlakukan seperti layaknya prosedur registrasi lain. Kamu akan menukarkan kode booking dengan tiket yang sudah terkonfirmasi dengan nama dan nomor tempat duduk.

Jika sudah check-in, kursimu juga tidak akan diberikan pada orang lain. Kalau kamu baru booking, masih ada kemungkinan jatah kursimu ‘dijual’ lagi saat kamu belum check-in dalam 15 menit sebelum keberangkatan. Jadi, datang 30 menit sebelum keberangkatan adalah batas waktu aman yang bisa kamu perkirakan saat hendak menggunakan bus travel ke Bandung.

5. Check-in dan pilih tempat duduk

Saat check-in, kamu juga bisa sekaligus memilih posisi tempat duduk yang diinginkan. Ya, buat kamu yang ingin duduk di dekat jendela, ini kesempatan yang tentunya harus dipastikan. Pada beberapa kesempatan, mungkin kamu akan diminta untuk bertukar tempat duduk dengan penumpang lain. Namun, kamu bisa langsung menunjukkan bukti tiket jika memang keberatan untuk bertukar.

Nah, sekarang sudah bukan waktunya lagi untuk menunda keberangkatan ke Bandung. Jadi, buat kamu yang ingin pergi sejenak dari kesibukan di Jakarta, tinggal cek jadwal keberangkatan bus travel dan langsung booking jadwal yang cocok dengan jadwal aktivitasmu.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here