Tinjau Gedung Baru Polres Serang, Tatu Coba Pelayanan Perpanjangan SIM

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melakukan uji coba perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C di gedung Polres Serang yang baru saja pindah ke gedung baru di Desa Cisait, Kecamatan Kragilan, Rabu (9/1/2019). Hal itu dilakukan Tatu saat meninjau pelayanan di gedung baru yang lokasinya berdekatan dengan areal Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang.

Dengan didampingi oleh Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan dan jajaran pejabat Pemkab Serang, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berkeliling ke setiap gedung di Polres Serang baru tersebut. Bahkan setelah selesai melakukan perpanjangan SIM, dirinya pun sempat menunjukan dua identitas pengemudi yang baru saja keluar tersebut kepada awak media.

“Pelayanan sih sudah berjalan, salah satunya pelayanan SIM. Sekarang ini dengan IT yang sudah canggih dan membantu dalam waktu yang tidak lama, perpanjangan SIM hanya beberapa menit. Kecuali yang baru karena ada beberapa tes dan lainnya,” ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada Kabar Banten sat dilokasi.

Tatu berharap, dengan dipindahkan ke gedung baru, pelayanan di polres Serang bisa lebih ditingkatkan. Namun karena masih baru, dirinya pun meminta kepada media agar membantu menyosialisasikan kepada masyarakat.

“Pasti masyarakat banyak yang bingung karena baru pindah. Tapi tadi pak kapolres menyampaikan walau pun masyarakat masih datang ke polresta Kota Serang (bekas gedung polres serang) masih dilayani. Karena ini masa transisi, jadi insyallah semua pelayanan berjalan,” katanya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat menunjukan dua kartu identitas yakni SIM A dan C yang sudah selesai diperpanjang di Polres Serang, Rabu (9/1/2019).

Disinggung soal fasilitas, ia mengatakan, dari hasil pemantauannya pelayanan yang dilakukan sudah cukup baik. Sebab dalam masa transisi ini Kapolres Serang juga menekankan pada fasilitas yang menunjang pelayanan. Sedangkan untuk fasilitas buat kapolres dan jajaran masih ada yang kurang seperti air bersih dan masih perlu pembenahan dan perapihan secara keseluruhan.

“Kalau jalan itu tugas saya pemda dengan pu (DPUPR). Kita bertahap, kan sudah mulai dan tahun ini juga ada (pembangunan) kalau masih belum selesai karena ini ujungnya anggaran maka kita berbagi dengan kecamatan dan anggaran desa. Secepatnya setiap tahun kita anggarkan sampai selesai,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, kedepan pihaknya juga akan membuat jalan alternatif menuju Polres tersebut. Sebab nantinya daerah itu akan menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Serang. “Jadi akan ada beberapa alternatif, tadi pak stafsus (Staf khusus Agus Erwana) dan pak asda 1 (Asep Saefudin Mustopa) ada jalan desa yang ini kedepan harus dinaikan statusnya untuk jalan alternatif yang bisa digunakan. Mungkin nanti untuk trayek ke Dishub ditanya,” katanya.

Sementara Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengatakan, dengan dilakukan peninjauan pada hari ini sebelum dilakukan peresmian pada Jumat (11/1), maka bisa sambil mengecek kelengkapan di gedung tersebut. “Kalau untuk kami, terutama untuk pemindahan gedung baru ini yang paling utama adalah pelayanan pada masyarakat. Dalam hal ini yaitu pembuatan SIM, SKCK dan surat kehilangan dan tindak pidana,” ujarnya.

Indra menjelaskan, alasan mencicil proses pemindahan tersebut dikarenakan ia tidak ingin ada gap atau kekosongan dalam pelayanan kepada masyarakat. “Sehingga saat peresmian itu sudah full, dan masyarakat akan langsung terlyani. Walaupun sekarang juga masih bisa dilayani. Untuk yang di kota, dalam pembuatan SIM bisa dilaksanakan di Polres Kota yang kemarin jadi Polres Kabupaten,” katanya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here