Tingkatkan Profesionalitas, Pimpinan Baznas se-Banten Ikut Uji Kompetensi Amil

SERANG, (KB). Pimpinan Baznas  se-Provinsi Banten mengikuti pelatihan berbasis kompetensi atau sertifikasi amil yang diselenggarakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Badan Amil Zakat Nasional di Hotel Le Dian, Kota Serang dari tanggal 21-25 Januari 2019.

Ketua Baznas Provinsi Banten Suparman Usman menjelaskan kepada Kabar Banten, seusai mengikuti pelatihan, para peserta mengikuti uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat atas kompetensi sebagai amil skema pimpinan BAZNAS daerah. Kegiatan  sertifikasi di Banten ini merupakan angkatan III setelah Jawa Barat dan umum di Jakarta.

LSP Baznas merupakan lembaga sertifikasi untuk profesi amil zakat di seluruh Indonesia. LSP BAZNAS dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Ketua Baznas Nomor 178 Tahun 2017 dan berkedudukan di Gedung Baznas Jalan Kebon Sirih Nomor 57, Jakarta Pusat.

LSP Badan Amil Zakat Nasional melaksanakan kegiatan sertifikasi bagi profesi amil zakat di seluruh indonesia terutama untuk amil Baznas dan Lembaga Amil Zakat yang sudah mendapatkan izin operasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

LSP Badan Amil Zakat Nasional melaksanakan sertifikasi bagi pengelola zakat mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Khusus Pengelolaan Zakat yang telah terdaftar di BNSP melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas dengan Nomor KEP. 54/LATTAS/V/2018 dan SKK khusus Bidang Pengelolaan Zakat teregister dengan Nomor Reg. 11/SKPK-DG/2018.

Rapat Pleno Komisioner BNSP tanggal 6 Agustus 2018 telah membahas rekomendasi hasil Asesmen Penuh terhadap LSP Badan Amil Zakat Nasional dan memutuskan mengizinkan LSP Badan Amil Zakat Nasional untuk melakukan sertifikasi bagi profesi pengelola zakat secara nasional. Pada tanggal 13 Agustus 2018 dilaksanakan per asesmen asesor kompetensi LSP Badan Amil Zakat Nasional dengan peserta sebanyak 20 orang asesor kompetensi sesuai dengan kompetensi dan bidangnya masing-masing.

Bekerja sama dengan Lemdiklat BAZNAS, LSP Badan Amil Zakat Nasional menyelenggarakan sertifikasi bagi Pimpinan BAZNAS Provinsi dan Kab./Kota. se-Provinsi Jawa Barat pada batch 1, dan batch 2 dibuka umum serta batch 3 dilaksanakan di Hotel Le Dian Kota Serang dari tanggal 21-25 Januari 2019. Kegiatan ini diikuti 33 orang pimpinan Baznas Provinsi dan Kab./Kota se-Provinsi Banten.

Sertifikasi kompetensi kerja merupakan serangkaian proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi yang mengacu kepada standar kompetensi kerja nasional Indonesia, standar internasional dan/atau standar khusus.

Begitu pula dalam pengelolaan zakat, sertifikasi merupaakan salah satu langkah profesionalitas amil dalam gerakan pengelolaan zakat yaitu untuk mendapatkan pengakuan negara terhadap kompetensi yang dimiliki. Selebihnya  dapat meningkatkan kepercayaan terhadap Baznas khususnya Baznas Provinsi Banten karena zakat dikelola oleh orang-orang kompeten dimana kompetensinya diakui secara formal oleh negara. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here