Tingkatkan Perekonomian Warga, Desa Sangiangjaya Galakan Penanaman Durian

Kepala Desa Sangiangjaya, Usep Pahlaludin (kiri) menyerahkan bibit durian kepada salah satu warga Desa Sangiangjaya, Kamis (14/11/2019).*

LEBAK, (KB).- Desa Sangiangjaya Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, dulu terkenal sebagai wilayah penghasil durian yang mempunyai ciri khas. Namun, masyarakat tidak bisa lagi menanam durian, karena mayoritas lahan yang dimanfaatkan warga saat itu merupakan lahan Perhutani. Saat ini Desa Sangiangjaya kembali mengalakan penanaman pohon durian.

Kepala Desa Sangiangjaya, Usep Pahlaludin mengatakan, bahwa pihaknya kembali mengalakan penanaman durian dan bertekad untuk mengembalikan Desa Sangiangjaya kembali menjadi sentra penghasil durian sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dulu perekonomian warga sangat baik, karena hampir semua menanam durian untuk dijual. Seperti durian biboki, hasepan, kored dan kalahang. Setiap jenisnya memiliki rasa khas,” kata Usep kepada Kabar Banten, Kamis (14/11/2019).

Ia mengatakan, warga Desa Sangiangjaya harus kembali menanam durian untuk peningkatan taraf ekonominya. Untuk itu, pihaknya menyerahkan bibit durian berbagai jenis, seperti durian montong, matahari dan lain-lain. “Di sini kan lahannya masih luas dan sangat cocok untuk menanam durian,” ujar Usep.

Ia menjelaskan, menanam durian adalah program jangka panjang yang diyakini akan memberikan hasil bagi warga.

“Durian tersebut akan ditanam di lahan warga dan sebagian mungkin di lahan tumpang sari Perhutani. Saya yakin, 6-7 tahun kedepan Desa Sangiangjaya akan kembali menjadi daerah penghasil durian yang digemari para penikmat buah durian, baik di Kabupaten Lebak maupun daerah lain. Sehingga peningkatan taraf perekomian warga akan terwujud,” ujar Usep. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here