Tingkatkan Pelayanan, PMI Banten Gelar Pelatihan Sumber Daya

SERANG, (KB). Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di segala bidang, PMI Provinsi Banten menggelar Pelatihan Sumber Daya (PSD) di Pusdiklat PMI Provinsi Banten selama empat hari, Senin-Kamis (29/7-2/8/2019).

Kegiatan yang dibuka Wakil Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya PMI Provinsi Banten Wawan Mulyana ini diikuti 25 peserta. Mereka berasal dari delapan PMI Kabupaten/Kota se-Banten.

Kriteria peserta kegiatan ini antara lain pengurus bidang PSD, staf Bidang PSD PMI Provinsi/Kabupaten/Kota, relawan yang diperbantukan kegiatan PSD, pernah mengikuti pelatihan ToT/ToF.

Kemudian bersedia dimobilisasi/ditugaskan mendampingi kegiatan PSD ke PMI Provinsi/Kabupaten/Kota, bersedia mengabdi di PMI tiga tahun ke depan, dan bersedia mengikuti pelatihan sampai akhir.

Maksud dan tujuan kegiatan antara lain agar PMI Kabupaten/Kota memiliki sumber daya manusia (SDM)  terlatih di bidang PSD dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan SDM pelaksana PSD PMI di semua PMI Kabupaten/Kota dalam mengelola kegiatan PSD.

Tujuan lainnya meningkatkan peran dan fungsi Pelaksana PSD di PMI Kabupaten/Kota, mengembangkan pola pembinaan Program PSD PMI dan menyusun rencana kerja tindak lanut PMI Kabupaten/Kota untuk ditindaklanjuti pasca pelatihan PSD.

Metode pelatihannya meliputi ceramah, diskusi, tanya jawab, praktek, studi banding, kunjungan kerja, dan penugasan. Pelatih/narasumbernya dari Markas PMI Pusat, PMI Provinsi Banten, dan Dinas Koperasi Provinsi Banten.

Saat membuka acara tersebut, Wakil Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya PMI Provinsi Banten Wawan Mulyana mengatakan PSD merupakan penopang organisasi, khususnya di PMI. Oleh karena itu, dia meminta kepada para peserta untuk memanfaatkan pelatihan ini secara optimal.

Pada acara tersebut Wawan secara simbolis menyerahkan 25 peserta pelatihan kepada Kepala Divisi PSD dan Kerjasama Markas PMI Pusat Sri Chairijatunurfadjria (fasilitator).(YH)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here