Tingkatkan Mutu, PTN-PTS Wajib Terapkan SPMI

CILEGON, (KB).- Penerapan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) di Perguruan Tinggi merupakan perintah Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan. Oleh karena itu, setiap perguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) wajib menerapkan atau mengimplementasikan SPMI.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Rusmana. Usai memberikan sambutan di kegiatan Seminar Ragional Penjamin Mutu Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Banten, di Center of Excellence (CoE) Fakultas Teknik Untirta, Selasa (25/6/2019).

“Setiap perguruan tinggi itu wajib menjalankan SPMI, sehingga tidak ada perbedaan kewajiban PTS ataupun PTN melainkan seluruhnya,” kata Rusmana kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, penjamin mutu memelihara dan meningkatkan mutu secara berkelanjutan, yang dijalankan secara internal untuk mewujudkan visi dan misi perguruan tinggi. Serta memenuhi kebutuhan stakeholder melalui penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi.

“Perguruan tinggi di Banten agar dilaksanakan sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi, kuliah dimanapun sama. Dalam bentukan forum tersebut kami akan mengundang Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) wilayah IV Jabar dan Banten dalam pelantikan kepengurusan,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor Untirta Sholeh Hidayat mengatakan, perguruan tinggi di Banten diselenggarakan sesuai standar nasional pendidikan tinggi. Oleh karena itu, mereka yang kuliah baik di PTS dan PTN tidak dibedakan.

“Mereka belajar di perguruan tinggi yang memenuhi standar nasional pendidikan tinggi ataupun standar pendidikan tinggi masing-masing. Outputnya hasil didikan lulusan perguruan tinggi sarjana, magister, maupun vokasi itu yang bermutu berdaya saing ketika mereka bekerja bisa menjadi pemenang,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here