Tingkatkan Layanan PPID, Diskominfo Kabupaten Tangerang Bintek OPD

Tingkatkan koordinasi layanan informasi dan komunikasi di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, sebanyak 62 organisasi perangkat Daerah (OPD) setempat mengikuti Rapat Evaluasi dan Bimbingan Teknis PPID yang digelar Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang di Ruang Bola Sundul Gedung Usaha Daerah Puspemkab Tangerang, Senin (7/10/2019).

Kabid Informasi dan Komunikasi pada Diskominfo Kabupaten Tangerang Abdul Munir mengatakan, peningkatan teknologi yang pesat menuntut terbukanya kanal informasi oleh setiap badan publik sebagai implementasi keterbukaan informasi publik. Hal tersebut mendorong kebutuhan akses informasi dan komunikasi masyarakat yang terus meningkat.

“Badan publik harus hadir di tengah masyarakat di era keterbukaan informasi publik saat ini. Layanan PPID, layanan website, layanan media sosial, serta layanan SP4N-LAPOR harus bisa dilaksanakan dengan baik. Semoga dengan di selenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan peran OPD dalam pengelolaan website, PPID, media sosial, dan SP4N-LAPOR, serta dapat meningkatkan koordinasi layanan informasi dan komunikasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang,” katanya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang Tini Wartini menambahkan, bahwa pihaknya terus berupaya menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau yang sering kita kenal dengan istilah e-Government. Hal tersebut juga merupakan penjabaran atas misi keempat Pemkab Tangerang, yakni meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang profesional, transparan, dan akuntabel. Perwujudan pemerintahan yang transparan, tidak lepas dari penerapan keterbukaan informasi publik.

Oleh karena itu, dia berharap, dari kegiatan tersebut, mampu meningkatkan peranan dan layanan PPID/PLID, layanan website, layanan media sosial, dan layanan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional, layanan aspirasi, dan pengaduan online rakyat atau yang kita kenal dengan SP4N-LAPOR yang baru saja dijadikan pilot project (proyek percontohan) nasional oleh Kemenpan-RB Republik Indonesia dan didukung oleh KOICA serta UNDP.

“Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat benar-benar memberikan banyak manfaat dan dampak positif yang signifikan, utamanya dalam memberikan layanan informasi teraktual, terbaru, dan terpercaya kepada masyarakat, serta meningkatkan peran komunikasi pemerintah dan masyarakat, sehingga segala bentuk upaya kita semua baik melalui program pembangunan daerah, kegiatan sosial masyarakat, maupun program layanan lainnya dapat terekspose dengan baik yang pada akhirnya juga dapat membentuk pola pikir masyarakat kita yang baik untuk bersama-sama bersinergi membangun daerah bersama pemerintah,” ucapnya. (Dewi Agustini)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here