Tingkatkan Layanan, Kemenag Banten Miliki Pusat Layanan Haji dan Umrah

Pusat Layanan Haji dan Umrah Kemenag Banten yang berlokasi di Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang.*

SERANG, (KB).- Kementerian Agama (Kemenag) Banten kini memiliki Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) yang terletak di Kabupaten Pandenglang. Gedung tersebut untuk meningkatkan layanan jemaah ibadah haji dan umrah.

“Pembangunan tersebut merupakan program inovasi layanan haji, serta untuk memberikan pelayanan terpadu bagi penyelenggaraan haji dan umrah,” kata Kepala seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Banten Deni Rusli, di Kemenang Banten, Kamis (31/10/2019).

Ia mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji sekarang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni pada tahun sebelumnya pelayanan aktivitas haji dilakukan pada ketika mendekati bulan operasional haji. Namun, saat ini dengan adanya pusat layanan dapat melayani jemaah setiap hari kerja.

“Bahkan setiap hari kerja kantor pelayanan haji ramai didatangi calon jemaah yang ingin berangkat ke Tanah Suci. Selain itu, jemaah juga dapat berkonsultasi mengenai ibadah haji di Tanah Suci langsung oleh petugas. Setiap hari melayani pendaftar haji 15-20 orang,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya ingin memberikan kemudahan bagi jemaah yang akan melaksanakan ibadah haji. Gedung tersebut terdiri dari satu lantai digunakan untuk ruang pelayanan jemaah, dan lantai dua untuk ruang serbaguna yang dapat digunakan sebagai bimbingan manasik haji.

“Diharapkan gedung tersebut akan meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat yang akan menjalankan ibadah haji dan umrah. Tidak hanya di Pandeglang saja, namun akan dibangun juga di kabupaten dan kota. Namun tahun depan ada dua tempat yang akan dibangun yakni di Kabupaten Lebak dan Kota Tangerang,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here