Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkot Serang Programkan Beasiswa Aje Kendor

PROGRAM beasiswa bagi pelajar tingkat SMP dan SMA, akan disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang. Hal tersebut bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kota Serang.

Tak hanya pelajar, pekerja yang berada di Lingkungan Pemerintahan Kota Serang juga berkesempatan mendapat beasiswa yang diberi nama Beasiswa Aje Kendor tersebut.

“Untuk peningkatan SDM di lingkungan pemerintahan, kami akan membuat program beasiswa di anggaran perubahan di tahun ini. Pasti akan kami programkan untuk beasiswa. Namanya Beasiswa Aje Kendor,” kata Wali Kota Serang Syafrudin seusai membuka acara Workshop Peningkatan Unjuk Kerja Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah dan Pengembangan Konsep Diri Guru di Aula Setda Pemkot Serang, Selasa (23/4/2019).

Ia menuturkan, SDM di Lingkungan Pemkot Serang ternyata masih banyak yang hanya lulusan SMA dan tidak melanjutkan hingga ke perguruan tinggi. “Ini juga harus kami picu, mudah-mudahan bisa melanjutkan kuliah hingga sarjana. Kemudian yang S1 bisa melanjutkan ke S2, sampai ke S3,” ujarnya.

Menurut dia, keberhasilan Kota Serang bergantung pada kualitas SDM. “Kalau SDM-nya tidak ngerti apa-apa, kemudian pendidikannya kurang dan rendah, ya sulit. Mau majunya kapan Kota Serang ini. Jadi, ya bergantung dari pendidikannya,” ucapnya.

Jika pendidikannya rendah, tutur dia, Kota Serang akan terus berada di peringkat terakhir dan terbelakang dari kabupaten dan kota lainnya. “Karena keberhasilan Kota Serang ini bergantung dari SDM. Oleh karena itu, kami picu untuk peningkatan SDM. Terutama pada pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jangan sampai Kota Serang menjadi daerah tertinggal,” katanya.

Kemudian, di Kota Serang juga banyak masyarakat yang berpendidikan di bawah tingkat SMA. Bahkan, ada juga lulusan sekolah dasar. “Rata-rata berada di wilayah Kecamatan Kasemen, Walantaka, dan Taktakan,” ucapnya.

Oleh karena itu, ujar dia, Pemkot Serang akan terus melakukan peningkatan pendidikan kepada guru dan aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemkot Serang. “Dengan tenaga kerja yang memadai, di Kota Serang ini kami juga ada paket A, B, dan C. Jadi, insya Allah bisa tertangani, bisa tuntas,” tuturnya.

Ia sempat meninjau ujian paket B yang diikuti sekitar 300 orang. “Untuk persentase saya kurang tahu persis. Tapi yang pasti, memang cukup banyak,” katanya.

Ia menuturkan, Pemkot Serang telah membuat sejumlah program untuk mengentaskan masyarakat yang masih buta aksara. “Saat ini juga Pemkot Serang telah berupaya dengan program yang sudah berjalan untuk mengentaskan masyarakat yang masih buta huruf. Insya Allah di tahun berikutnya, di Kota Serang sudah tidak ada lagi yang buta huruf,” ujarnya. (Rizki Putri/Rifki)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here