Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Penulisan, Dosen Unbaja Ikut Klinik Penulisan Artikel Ilmiah

BOGOR, (KB).- Dosen Universitas Banten Jaya (Unbaja) mengikuti Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional, yang diselenggarakan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), bersama Universitas Djuanda Bogor, di salah satu hotel di Bogor, beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam penulisan. Dosen Universitas Banten Jaya Euis Amilia mengatakan, keterlibatannya tersebut sebagai upaya pengayaan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas penulisan artikel ilmiah di Unbaja khususnya di fakultas teknik.

“Tujuannya untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan kami dan peserta lain dalam menulis. Dan memublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berupa artikel ilmiah yang berkualitas,” kata Euis.

Ia mengatakan, penulisan artikel ilmiah tersebut untuk mendorong peningkatan mutu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni dalam bidang penelitian yang telah dilakukan baik oleh Kemenristekdikti maupun oleh masing-masing perguruan tinggi. “Ini sebagai penyediaan dana kompetitif bagi dosen dalam melakukan penelitian, ataupun kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Dosen Unbaja Dede yang mengikuti kegiatan klinik penulisan artikel ilmiah Internasional mengatakan, pengembangan dan kemampuan menulis dosen menjadi satu tantangan dan permasalahan yang harus segera diselesaikan. Dari aspek kuantitas publikasi nasional yang sudah mengalami peningkatan, namun dari segi kualitas masih perlu ditingkatkan.

“Pengelolaan terbitan berskala ilmiah bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Ada dua permasalahan umum yang dihadapi para pengelola terbitan berskala ilmiah yaitu ketersediaan naskah bermutu dan keberlanjutan pengelolaan terbitan berskala ilmiah,” katanya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here