Tingkatkan Kompetensi, PMI Banten Gelar Latihan Posko dan Logistik

SERANG, (KB).- Dalam upaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang pengelolaan posko dan logistik, PMI Provinsi Banten menggelar Latihan dan Simulasi Posko dan Logistik 2018 di kawasan Markas PMI Provinsi Banten selama dua hari, Selasa – Rabu (27-28/11/2018).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 54 peserta. Mereka terdiri atas unsur pengurus PMI, staf Markas, dan Korps Sukarela (KSR0/Tenaga Sukarela (TSR) se-Banten. Selain itu ada unsur observer internal PMI yang terdiri atas unsur pengurus PMI Provinsi dan Kota/Kabupaten se-Banten.

Observer eksternal yang hadir meliputi unsur dari BPBD Provinsi, Korem 064/Maulana Yusuf, dan Polda Banten. Fasilitator kegiatan dari PMI Pusat adalah Ilham (Logistik) dan Ares (Posko). Sementara fasilitator dari PMI Kota Tangerang Tendi, dan PMI Kota Cilegon Alim.

Acara apel pembukaan kegiatan yang digelar di Markas PMI Banten itu dipimpin Sekretaris PMI Provinsi Banten Rahmat Fitriadi. Pada hari pertama, peserta diberikan pembekalan teknis mengenai posko dan logistik. Selanjutnya, mereka mengikuti Gladi Peta Provinsi Banten sesuai skenario yang sudah rancang.

Hari kedua,, peserta mengikuti kegiatan simulasi pelaksanaan manajemen posko dan logistik dalam tanggap darurat bencana. Kegiatan ini dirancang seolah peserta berada dalam situasi yang sesungguhnya.

Kepala Markas PMI Provinsi Banten Embay Bahriyah menjelaskan tujuan kegiatan tersebut antara lain untuk memberikan pemahaman akan pentingnya standar latihan untuk SDM PMI Provinsi dan , Kabupaten/Kota, terutama dalam pengelolaan posko dan logistik.

Selain itu, kegiatan tersebut ditujukan untuk mengidentifikasi berbagai kesenjangan latihan yang dirasa perlu dilakukan oleh PMI secara rutin guna menjaga kesiapsiagaan personel dalam menghadapi bencana. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here