Tingkatkan Keamanan Pangan, Balai Besar POM di Serang Gandeng Pramuka Banten

SERANG, (KB).- Dalam upaya meningkatkan keamanan pangan di Provinsi Banten, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Serang bekerja sama dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Banten. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ke dua lembaga tersebut digelar di Kantor Kwarda Gerakan Pramuka Banten Jalan Raya Jakarta KM 4 Kemang, Kota Serang, Kamis (7/2/2018).

PKS tersebut ditandatangani  Kepala Balai Besar POM di Serang Sukriadi Darma dan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Banten Moh Masduki. Acara ini disaksikan sejumlah pimpinan Balai Besar POM di Serang, pengurus serta Andalan Kwarda Gerakan Pramuka Banten, serta perwakilan pimpinan Saka Bakti Husada Kwarda Gerakan Pramuka Banten.

Ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi pelaksanaan komunikasi, informasi, dan edukasi keamanan pangan (Pramuka Sadar Pangan Aman/Pramuka SAPA); peningkatan kompetensi dan keterampilan anggota Pramuka untuk menjadi fasilitator/kader keamanan pangan.

Ruang lingkup berikutnya adalah pelaksanaan promosi keamanan pangan dan sosialisasi keamanan pangan; pembinaan terkait keamanan pangan pada komunitas sekolah dan lingkungan organisasi Pramuka termasuk pemantau keamanan pangan di masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Besar POM di Serang Sukriadi Darma menjelaskan kerja sama Balai Besar POM di Serang dengan Kwarda Gerakan Pramuka Banten ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama serupa antara Badan POM RI  dan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

Sebagaimana teruang dalam PKS, kerja sama ini terkait  pemberdayaan potensi Gerakan Pramuka dalam peningkatan keamanan pangan di Provinsi Banten.

Optimalkan pengawasan

Sukriadi menilai kerja sama Balai Besar POM di Serang dengan Kwarda Gerakan Pramuka Banten ini bisa mengefektifkan dan mengoptimalkan pengawasan obat dan makanan.

“Pengawasan ini bisa lebih efektif dan optimal karena melibatkan lapisan masyarakat yang cerdas, memiliki karakter dan anggotanya sampai ke seluruh sekolah. Selain itu, anggota Pramuka juga memiliki komitmen sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya,” ujarnya.

Oleh karena itu, Sukriadi mengharapkan semua anggota Pramuka bisa menjadi agen perubahan dalam mencerdaskan konsumen. Selain itu, ia juga berharap Pramuka bisa memberikan efek poisitif kepada masyarakat, terutama dirinya sendiri menjadi konsumen yang cerdas dengan selalu memperhatikan pemilihan obat dan makananan.

Cara menjadi konsumen yang cerdas itu antara lain dengan cek KLIK (cek kemasan, cek lebel, cek izin edar, dan cek kedaluwarsa).

Sukriadi mengatakan, “Dengan melindungi diri sendiri, lingkungan, keluarga maka akan tercipta masyartakat Indonesia yang sehat, terutama kita di Provinsi Banten.”

Ia juga mengharapkan setelah acara penandatangan PKS ini bisa segera digelar pertemuan lanjutan  antara kedua pihak untuk membicarakan hal-hal teknis. “Untuk pertemuan berikutnya, insya Allah kami siap menjadi tuan rumah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Banten Moh Masduki menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Balai POM di Serang atas adanya PKS ini. Masduki menilai, kerja sama ini sangat positif karena bisa meninkatkan kapasitas anggota Pramuka, khususnya dalam aspek keamanan pangan.

Dia berharap kerja sama ini bisa ditindaklajuti di kwartir cabang (kwarcab) bahkan sampai ke gugus depan (gudep) sehingga jumlah kader di bidang keamanan pangan lebih banyak.(Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here