Tim Rugby Putra Banten Raih Tiket PON Papua 2020

SERANG, (KB).- Tim rugby putra Banten berhasil memastikan diri meraih tiket ke Pekan Olah raga Nasional (PON) 2020 Papua. Kepastian itu didapat setelah mereka berhasil merebut posisi tiga besar pada babak Prakualifikasi PON, yang diselenggarakan di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Banten Alton Annar Sampetoding. Pada babak Pra PON itu, PRUI Banten memberangkatkan 24 atlet yang terbagi kedalam dua tim. Yakni 12 atlet tim putra dan 12 atlet lagi tim putri.

“Alhamdulillah, tim putra kami berhasil menempati posisi tiga besar. Namun sayangnya, untuk tim putri harus puas finis di peringkat lima,” ucapnya.

Alton mengatakan, perjalanan tim rugby putra Banten mencapai posisi tiga besar, bukan hal yang mudah. Karena pada babak fase grup, Banten berada di grup A bersama daerah-daerah hebat, yakni Yogyakarta, Aceh dan tuan rumah Pra PON (Bali).

“Beruntung, pada fase grup, dari tiga laga yang dilakoni, Banten berhasil menjadi runner up, berkat dua kali kemenangan, dan satu kali kalah. Dari hasil itu, Banten berhasil melaju ke semi final,” ujarnya.

Pada babak semi final, lanjut Alton, Banten harus merelakan tiket final lepas ke tangan tim DKI Jakarta, karena kalah dengan skor akhir 0-19. Dan harus puas hanya bisa merebutkan posisi tiga besar.

“Dalam perebutan posisi tiga besar, Banten berhadapan dengan tim Jawa Barat, dan berhasil mengatasi perlawanannya dengan skor akhir menahan tipis 14-17 untuk kemenangan tim putra Banten,” ujarnya.

Alton mengaku, PRUI Banten patut mensyukuri capaian tersebut, karena para atlet sudah melakukan program latihan secara mandiri. Dan di awal tahun 2020 mendatang, tim akan langsung Pelatda PON.

“Saya berharap, dari proses latihan yang ditempuh atlet di sisa waktu yang ada menuju PON XX. Jika pada PON Jabar, rugby Banten hanya mendapatkan medali perak, di PON Papua bisa mendulang medali emas,” tuturnya. (Azzam/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here