Tim Petanque Banten Terbentuk

TANGERANG, (KB).- Tim Pra-PON Cabor Petanque Banten sudah terbentuk. Sebanyak 14 atlet yang terdiri 7 putri dan 7 putra dipastikan akan berlaga pada babak kualifikasi PON XX 2020 Papua.

10 dari 14 atlet berasal dari Kabupaten Tangerang. Sedangkan sisanya berasal dari Kota Tangsel 2 atlet, Kota Cilegon dan Kota Serang masing-masing 1 atlet. Hal tersebut disyukuri oleh Ketua Federasi Olah raga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Tangerang Enjang Wahyu.

Menurutnya, hal tersebut dikatakannya wajar sebab atletnya memang sangat berbakat pada cabor ini. Bahkan dua atletnya Agung dan Anis Faisal sempat ikut Seleknas untuk SEA Games Filipina sebelum akhirnya gagal menembus tim inti.

“Alhamdulillah, banyak atlet Kabupaten Tangerang yang bergabung di tim Pra PON Petanque Banten. Itu semua karena usaha mereka yang berlatih sungguh-sungguh. Selain itu, ada juga yang ikut seleknas 2 orang untuk SEA Games Phillipina tapi hanya rangking 7. Tidak apa-apa yang penting mereka sudah ada pengalaman,” ujarnya.

Sebelum tergabung di tim pra PON, kata Enjang, atletnya terlebih dulu mengikuti seleksi. Pengprov FOPI menggelar seleksi terbuka kepada seluruh atlet Petanque Banten. Ada 2 tahapan yang harus dilalui yang pertama teknik setelah itu pertandingan.

“Diikuti 7 perwakilan kabupaten dan kota di Banten. Sebelumnya kita juga melakukan seleksi internal sebelum mengirim mereka untuk seleksi Tim Pra PON,” ujarnya.

Kepala Bidang Prestasi FOPI Banten Hasan mengatakan, saat ini tim yang telah terbentuk tersebut menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda). Belum ada kejelasan terkait pelaksanaan Pra PON yang akan berlangsung pada 2019 ini.

“Kami masih menunggu info dari PB FOPI. Saat ini kami fokus Pelatda di lapangan Petanque Janger untuk mempersiapkan tim,” tuturnya.

Hasan berharap atletnya dapat meraih hasil maksimal di Pra PON. Untuk mewujudkan itu, atletnya juga bahkan mengikuti beberapa kompetisi menjelang Pra PON.

“Atlet kita juga akan ikut open tournamen. Dengan begitu kita dapat mengevaluasi kelemahan mereka apa saja. Saya berharap lolos PON Papua dan meraih hasil maksimal di PON,” ucapnya. (YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here