Tim Dosen Uniba Edukasi Siswa SMK

Tim Dosen Fakultas Hukum Uniba menyelenggarakan penyuluhan hukum bersama SMK PGRI 4 Kota Serang, di Aula SMK PGRI Kota Serang, Rabu (11/12/2019).*

SERANG, (KB).- Tim Dosen Fakultas Hukum Universitas Bina Bangsa (Uniba) menyelenggarakan penyuluhan hukum bersama SMK PGRI 4 Kota Serang, di Aula SMK PGRI 4 Kota Serang, Rabu (11/12/2019). Kegiatan tersebut untuk mengajak siswa tertib berlalu lintas.

Dosen Fakultas Hukum Uniba Asnawi mengatakan, penyuluhan tersebut untuk mengedukasi siswa agar berhati-hati dalam berkendara. Sebab, siswa yang masih di bawah umur belum mempunyai kelengkapan berkendara seperti surat izin mengemudi (SIM).

Dalam penyuluhan tersebut ada tiga dosen dari Fakultas Hukum Uniba yakni Asnawi, Iron Pajrul dan Aslami.

“Tidak hanya tertib berlalu lintas saja, kami juga memberikan materi tentang bahaya narkoba. Jangan pernah pelajar untuk menyentuh narkoba, karena itu akan mengakibatkan putus sekolah, kemudian bisa di penjara,” kata Asnawi.

Ia mengatakan, kegiatan penyuluhan tersebut sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat. Selain memberikan edukasi tentang berlalu lintas, mereka juga memberikan pemahaman tentang hukum. Setelah mahasiswa memahami hukum, dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan tertib berlalu lintas serta menjauhi narkoba yang dapat merusak generasi muda.

“Kami berharap kegiatan penyuluhan tersebut tidak hanya di satu sekolah tetapi bisa dilaksanakan di sekolah ataupun di masyarakat. Tentunya dengan mengangkat isu permasalahan yang sering terjadi di masyarakat sehingga mereka bisa memahami tentang hukum,” ujarnya.

Sementara itu, siswa SMK PGRI 4 Kota Serang Haryati mengatakan, jarang sekali siswa diberikan pemahaman dan pengetahuan tentang hukum seperti tertib berlalu lintas dan bahaya narkoba.

“Kami berharap dengan adanya penyuluhan tersebut bisa menambah pengetahuan kita untuk hati-hati dalam berkendara, ketika menggunakan kendaraan harus membawa kelengkapan surat-surat. Tentu jauhi narkoba karena itu dapat merusak generasi muda,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here