Tiga Puskesmas di Kota Serang Terakreditasi

Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin saat menghadiri pembukaan acara akreditasi Puskesmas Banjar Agung, Kamis (17/10/2019).*

SERANG, (KB).- Pada periode tahun ini, tiga Puskesmas di Kota Serang akan diakreditasi, yakni Puskesmas Serang Kota, Puskesmas Curug, dan Puskesmas Banjar Agung. Saat ini Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Dirjen Pelayanan Kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang melakukan upaya kesehatan perorangan (UKP) di Puskesmas Banjar Agung.

Komisi Akreditasi FKTP Direktorat Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Muhamad Ismail mengatakan, ada tiga penilaian akreditasi, yakni administrasi dan manejemen (Adman), upaya kesehatan masyarakat (UKM), dan upaya kesehatan perorangan (UKP).

“UKP ini, meliputi bagaimana layanan klinis di Puskesmas. Apakah sudah dilaksanakan sesuai standar yang ada apa belum, termasuk jejaringnya, misalnya ada Puskesmas pembantu atau Poskesdes. Itu juga tidak boleh ada disparitas pelayanan antara Puskesmas induk dan jaringan,” katanya, Kamis (17/10/2019).

Ia menjelaskan, sejumlah indikator yang masuk dalam penilaian akreditasi, seperti keadaan fisik Puskesmas, petugas, pelayanan, mekanisme layanan, dan lain-lain. Namun, untuk saat ini, menurut dia, Puskesmas Banjar Agung secara fisik bangunan dan sarana serta prasarana terbilang cukup memadai dan pantas.

“Sementara, kalau melihat fisik Puskesmas Banjar Agung wajar. Untuk Puskesmas lainnya, kami belum melakukan penilaian. Jadi, kami fokuskan dulu di sini (Banjar Agung), karena masih ada tiga hari untuk kami melakukan penilaian tersebut,” ujarnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, dari 16 Puskesmas yang ada di Kota Serang, baru 3 Puskesmas yang diakreditasi. Namun sebelumnya, Puskesmas Curug dan Puskesmas Serang Kota telah terakreditasi tingkat Dasar, untuk kemudian ditingkatkan menjadi Madya, sedangkan untuk Puskesmas Banjar Agung baru akan diakreditasi tingkat Dasar.

“Tentu saja dengan adanya tim surveyor, harapannya dapat meluluskan hingga proses akreditasi di tiga Puskesmas di Kota Seran, sehingga pelayanan di Puskesmas dapat memuaskan dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang menuturkan, sebagian Puskesmas di Kota Serang terakreditasi tingkat Dasar. “Selain itu, untuk dua Puskesmas yang disebutkan, akan ditingkatkan ke Madya. Karena, memang sudah waktunya untuk direaktreditasi. Batas waktunya itu kan sampai tiga tahun, jadi tiga tahun sekali peningkatan akreditasi,” tuturnya.

Saat ini, kata dia, sebagian Puskesmas yang telah terakreditasi Madya, di antaranya Puskesmas Singandaru, Puskesmas Unyur, Puskesmas Cipocok, Puskesmas Sawah Luhur, dan Puskesmas Kalodran. Namun, untuk Puskesmas Rau masih berada diakreditasi tingkat Dasar. Sebab, sarana dan prasarana di Puskesmas tersebut masih belum memadai. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here