Tiga Pasar di Tangsel Terapkan Sistem Layanan Online

Sistem pelayanan daring (online), menjadi cara bagi tiga pasar di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) untuk tetap melakukan transaksi di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tangerang Selatan (Tangsel) Maya Mardiana, Jumat (27/3/2020).

Menurut dia, sistem online atau jasa antar tersebut, menjadi cara yang tepat dalam mencegah penyebaran virus corona.

“Sekarang tiga pasar modern, seperti Pasar Modern BSD, Pasar Modern Bintaro, Pasar 8 Alam Sutera sudah menerapkan layanan antar atau layanan online,” katanya.

Untuk pembeli, tutur dia, bisa memesan kebutuhannya melalui kontak yang telah disediakan.

“Jadi, pembeli memesan melalui nomor yang ada, kemudian pedagang akan mengantarnya,” ujarnya.

Seperti diketahui, salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, adalah dengan menghindari kerumunan massa. Caranya, ucap dia, yakni dengan menerapkan social distacing dan physical distancing.

Untuk itu, dia meminta hal serupa diterapkan di minimarket.

“Sekarang mereka saya minta untuk membuat layanan online dan layanan antar. Jika ada yang membeli di sana harus social distancing. Karena, biasanya kan numpuk di kasir, kalau sekarang harus jaga jarak. Jadi, mereka harus edukasi juga pembelinya,” katanya.

Sementara itu, tutur dia, untuk pasar tradisional masih sulit jika harus menerapkan sistem online tersebut. Hingga kini, Disperindag memastikan, bahwa pasar tradisional akan tetap beroperasi. Pasar tradisional tidak akan ditutup.

“Kalau libur kasihan masyarakat. Sementara ini, masih buka, tetapi yang penting harus menjaga physical distancing,” ucapnya. (Dewi Agustini)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here