Tiga Kandidat Ketua PWNU Banten Mencuat

SERANG, (KB).- Jelang Konferensi Wilayah (Konferwil) IV Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Provinsi Banten, tiga tokoh NU di Banten disebut-sebut masuk dalam bursa kandidat Ketua PWNU Banten. Berdasarkan informasi, ketiga nama itu yakni Ketua PCNU Kota Serang Matin Sarkowi, Ketua PCNU Kota Tangerang, H. Bunyamin dan Wakil Ketua PWNU Banten, H. Zaenal Aminin.

Seperti diketahui, PWNU Provinsi Banten akan menggelar Konferwil IV di gedung PWNU Banten, Jl. Raya Jakarta, Kota Serang, Sabtu (28/7/2018). Saat dikonfirmasi, Ketua PCNU Kota Serang, Matin Sarkowi mengaku, berterima kasih pengurus NU yang bersimpati kepadanya untuk menjadi Ketua PWNU Banten.

“Terima kasih, pertama saya ucapkan terima kasih kepada yang simpati. Tapi begini, ada kode etik yang di NU itu menjadi hal yang buat saya prinsipil. Yaitu, kader NU tidak boleh meminta-minta jabatan, tetapi manakala itu dibutuhkan, diminta, pantang mundur,” katanya saat dihubungi Kabar Banten, Kamis (26/7/2018).

Disinggung apakah dirinya siap menjadi Ketua PWNU Banten jika diamanahkan, ia tidak membantahnya. Menurutnya, amanah itu bagian dari tanggung jawab yang pantang ditolak oleh kader NU. “Tapi sekali lagi tidak boleh meminta-minta. Insya Allah sudah ada (dukungan). Dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih bagi yang memberikan amanah, dan amanat itu saya jawab siap, kalau diamanahkan. Kalau lika-liku kesana kemari kan NU itu bukan parpol, ini yang harus dicatat, NU itu parpol. Jadi saya mencoba untuk istiqamah untuk hal ini, tidak ke mana-mana, artinya tidak mencari dukungan,” katanya.

Menurutnya, Konferwil IV tidak hanya soal memilih Ketua PWNU Banten. Tetapi, konferwil IV harus menjadi ajang melahirkan gagasan yang dapat bermanfaat untuk umat dan bangsa. Konferwil ini menghasilkan produk yang bermanfaat untuk kebangsaan dan keislaman. Karena NU itukan penjaga NKRI. Disaat situasi menjelang politik, produk konferwil diharapkan bisa memperkuat pemahaman masyarakat tentang pentingnya merekat kebangsaan,” ujarnya.

Gagasan dapat berbentuk program dan lain sebagainya. Gagasan ini juga menjadi salah satu bagian untuk memperkuat perjalanan PWNU Banten ke depan. “Dan insya Allah di NU tidak ada konflik kepentingan, tetap maslahat. Intinya tadi, karena konferwil buka hanya sekadar memilih ketua tetapi substansinya adalah menghasilkan produk, program lainnya,” ucapnya.

Ketua PW GP Ansor Banten, Ahmad Nuri berharap, selain menghasilkan program yang baik, Konferwil IV PWNU Banten juga mampu menghasilkan sosok pemimpin yang sesuai dengan kebutuhan NU di Banten. Ketua Panitia Pelaksana Konferwil IV NU Banten KH. Khozinul Asror mengatakan, pemilihan ketua hanya bagian dari agenda Konferwil. “Jadi jangan selalu diidentikkan Konferwil hanya soal pemilihan ketua baru. Banyak agenda penting yang juga dibahas dalam konferwil,” tuturnya.

Disinggung soal sejumlah nama-nama bakal calon Ketua PWNU yang mencuat, Asror mengatakan hal itu dianggap wajar. “Wajar lah kalau ada dukungan untuk menggadang-gadang bakal calon tertentu. Namun saya tegaskan, bakal calon akan muncul nanti saat agenda pemilihan,” ucapnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here