Rabu, 19 Desember 2018

Tes CASN Kabupaten Serang Digelar di Hotel

SERANG, (KB).- Pelaksanaan tes penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kabupaten Serang direncanakan akan digelar di aula salah satu hotel di Kota Serang. Untuk komputer dan peralatan lainnya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menyewa dari pihak ketiga.

“Tes nya di Hotel Puri Kanaya. Nanti pengawasnya dari BKN. Peralatan komputernya kami sewa dari pihak ketiga, minimal 100 unit (Komputer). Nanti lima gelombang tesnya, lama pelaksanaan tes itu tergantung dari jumlah pendaftar. Untuk servernya itu dari BKN langsung,” kata Kepala BKPSDM Rif’ah Maftuty, Senin (24/9/2018).

Antisipasi untuk gangguan jaringan saat tes, kata Rif’ah, pihak ketiga juga akan berkoordinasi dengan BKN. “Tapi pengalaman 2014, kami aman-aman saja. Dan itu awal penerapan sistem Computer Assisted Test (CAT). Waktu itu (2014) di Bina Bangsa. Jadi nanti komputernya juga harus memenuhi standarnya,” ujarnya.

Untuk tim, kata Rif,ah, dari Pemkab Serang ada tim internal yang diketuai sekda. Tapi tugasnya, hanya mengumumkan dan melaksanakan seleksi administrasi penerimaan CASN.  “Administrasi itu tidak fisik seperti dulu, kan dulu ke kantor pos, sekarang berkas administrasi itu belakangan ketika udah dapat (Keterima jadi CASN) baru. Ini bagus sih menghindari takut ijazahnya hilang, apalagi pelamar banyak,” tuturnya.

Ia mengatakan, tes penerimaan CASN ini ada passing grade atau nilai ambang batas. Jadi harus lulus passing grade.“Kalau tidak lulus passing grade ya gak lulus. Sementara kalau banyak yang lulus passing grade nya dan pormasinya hanya satu maka nanti ada tes SKB (Seleksi kompetensi bidang),” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Pengembangan Karir pada BKPSDM Kabupaten Serang, Surtaman mengatakan, saat ini BKPSDM sedang menunggu pembukaan pendaftaran yang dijadwalkan 26 Seotember. “Sekarang dari BKPSDM juga ada yang sedang rapat untuk teknis SKB,” ucapnya.

Hingga Minggu (23/9/2018), tercatat sudah 87,4 persen Instansi Pemerintah baik Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/D) atau 73 K/L dan 452 Pemda dari total 76 K/L dan 525 Pemda sudah mengumumkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui portal SSCN (http://sscn.bkn.go.id).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Moh Ridwan mengatakan, selain menyampaikan pengumuman mengenai perekrutan CPNS, instansi-instansi tersebut juga telah meng-input syarat dan formasi jabatan dalam portal SSCN BKN.

Sebelumnya, BKN telah mengimbau agar Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Instansi memasukkan informasi syarat dan formasi jabatan tersebut dalam portal SSCN BKN (hal itu disampaikan melalui Surat Kepala BKN No. K26- 30/V 134-2/99 tanggal 17 September 2018), sehingga formasi dan persyaratan dapat dilihat oleh masyarakat sejak 19 September 2018.

BKN berharap K/L/D dapat menyediakan informasi tentang formasi dan persyaratan selambat-lambatnya sebelum 26 September 2018. “Jika sampai dengan 26 September 2018 belum tersedia informasi tersebut di portal SSCN, BKN khawatir proses seleksi CPNS 2018 akan tertunda,” kata Kepala Biro Humas BKN itu. (TM/SJ)*

 


Sekilas Info

Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Kawasan Wisata Anyer dan Pasar Prioritas Pengamanan

Kawasan wisata Anyer dan pasar tradisional di wilayah Kabupaten Serang akan menjadi titik utama pemantauan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *