Tersambar Petir, Gudang Farmasi RSUD Terbakar

TANGERANG, (KB).- Gudang farmasi RSUD Kabupaten Tangerang di Jalan Perwira, Kelurahan Suka Asih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Selasa (13/6/2017) malam terbakar. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 20.00 itu diduga disebabkan sambaran petir saat hujan deras mengguyur kawasan tersebut. “Awalnya ada petir menyambar di sekitar lokasi, kencang sekali sampai alarm mobil pada bunyi. 15 menit kemudian ada ibu-ibu yang lari sambil teriak kebakaran,” ujar Geri, warga setempat.

Pantauan di lokasi, sebanyak 10 mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang diterjunkan untuk memadamkan api.
Humas RSUD Kabupaten Tangerang Yudi mengatakan, meski gudang obat tersebut terbakar, namun bagian yang terparah adalah kantor instalasi farmasi. Sementara lokasi obat saat ini masih dalam kondisi aman. “Di sini ada empat depo gudang obat, sehingga stok obat masih aman,” ucapnya.

Di titik yang terbakar juga terdapat alat untuk pengemasan obat senilai Rp 15 miliar. “Kondisi alat tersebut aman, karena yang terdapat di bagian belakang yang kondisinya tidak terbakar,” tuturnya.
Belum dapat ditaksir total kerugian akibat kebakaran tersebut. Pihak rumah sakit dan polisi masih melakukan identifikasi lapangan. Gudang obat tersebut juga telah dipasang garis polisi.

Pasien panik

 

Sementara itu pada saat kebakaran melanda gudang farmasi RSUD Kabupaten Tangerang membuat panik pasien di pavilium yang lokasinya berdekatan, dibantu petugas medis, satu persatu pasien tersebut dievakuasi ke ruang VIP pavilium Wijayakusuma. Nampak pasien tersebut berderet di lorong pavilium Wijayakusuma. “Ada tiga pavilium yang lokasinya dekat gudang farmasi yang terbakar, yaitu pavilium Aster, Mawar dan Anyelir,” ujar Yudi.

Tak hanya pasien, petugas medis juga tampak panik, bahkan ada yang secara spontan berlindung di bawah meja. “Pas ada teriakan kebakaran, saya kaget dan berlindung ke bawah meja,” ujar seorang suster. Kobaran api tidak nampak dari gudang farmasi yang terbakar tersebut, namun kepulan asap pekat yang keluar membuat semua orang yang ada di dekat lokasi merasa panik, karena khawatir kebakaran tersebut akan merembet ke gedung lainnya. Setelah kondisi dinyatakan aman, para pasien tersebut kembali masuk ke pavilium masing-masing.

Terpisah, Bupati Tangerang A Zaki Iskandar langsung mendatangi RSUD Tangerang untuk melihat kondisi kebakaran yang melanda gudang farmasi, Selasa (13/6/2017) malam. Zaki tiba di lokasi sekitar pukul 21.00, lalu langsung mengecek kondisi gudang farmasi yang terbakar tersebut. Bahkan ia langsung masuk ke gudang farmasi untuk memastikan kondisi pascakebakaran tersebut.

Kepada wartawan, Zaki mengatakan kondisi persediaan obat di RSUD Tangerang masih aman, karena terdapat beberapa depo obat. “Yang terbakar hanya sebagian kecil, stok obat masih aman untuk satu bulan ke depan,” ujarnya. Menurutnya, gudang farmasi yang terbakar tersebut memang sudah lama direncanakan untuk dibangun kembali, karena usia bangunan yang sudah tua. “Gudang yang terbakar memang sudah lama direncanakan untuk dibangun kembali,” ucapnya. Selain Zaki, tampak juga Sekda Kabupaten Tangerang, Iskandar Mirsad mendatangi lokasi kebakaran. (H-36)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here