Terkait Pembukaan Cinemaxx, Satpol PP Siap Tindaklanjuti

SERANG, (KB).- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang akan mengambil langkah untuk menindaklanjuti pembukaan bioskop Cinemaxx milik PT Cinemaxx Global Pasifik di Mall of Serang (MoS), Kota Serang. Langkah awal yang akan dilakukan yaitu berkoordinasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Serang.

Kepala Satpol PP Kota Serang, Maman Luthfi mengatakan, sejauh ini Kota Serang belum memiliki aturan terkait pembukaan tempat hiburan. Raperda tentang Penyelenggaraan Usaha Kepariwisataan (PUK) juga masih dalam tahap pembahasan. Dengan demikian, pembukaan Cinemaxx tanpa izin. “Tapi lebih kongkretnya nanti saya besok (hari ini) mau koordinasi dengan OPD terkait,” katanya saat dihubungi wartawan, Senin (18/12/2017).

Jika terbukti melakukan pelanggaran, pihaknya akan melakukan pemanggilan kepada manajemen PT Cinemaxx Global Pasifik. “Satpol PP polisinya daerah yang tupoksinya menegakkan aturan perundang-undangan daerah, sebagai aplikasi otonomi daerah untuk membuat produk hukum yang sesuai dengan kewilayahannya,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kota Serang, Aminudin Toha meminta Pemerintah Kota Serang bertindak tegas terkait pembukaan bioskop Cinemaxx. “Cinemaxx itu kan belum bisa dikeluarkan izinnya, karena perda pariwisata belum disahkan. Harusnya tidak boleh beroperasi,” katanya.

Jika perda tersebut belum dikeluarkan, seharusnya pemkot tidak bisa memberikan izin atau uji coba pembukaan tempat hiburan tersebut. “Perda itu kan belum diparipurnakan, harusnya tidak boleh. Kalau sudah ada izin baru silakan beroperasi,” ujarnya. Sementara itu, saat hendak dikonfimasi melalui sambungan seluler, pihak manajemen PT Cinemaxx Global Pasifik belum memberikan jawaban. (SN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here