Terkait Laporan Pencemaran dan Penghasutan, Pemilik Akun Dimintai Keterangan

LEBAK, (KB).- Kepolisian sektor (Polsek) Malingping mengundang terlapor pemilik akun facebook, Eggi Ramadhan. Hal itu merupakan tindak lanjut dari laporan pengaduan Camat Malingping, Sukanta tentang adanya dugaan tindak pidana perbuatan pencemaran dan penghasutan sesuai pasal 28 jo pasal 27 ayat 2 jo pasal 45 ayat 2 UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Elektronik.

Kapolsek Malingping, Kompol Zulfakar Iskandar kepada Kabar Banten mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat kepada terlapor pemilik akun facebook, Egi Ramadhan. Hal itu menindaklanjuti laproan pengaduan atas nama Sukanta atas dugaan tindak pidana perbuatan pencemaran dan penghasutan. ”Surat yang dilayangkan merupakan undangan kepada terlapor untuk dimintai keterangan menyusul adanya laporan pengaduan pada Jumat pekan kemarin. Terlapor kami undang untuk dimintai keterangan pada Selasa (1/8/2017) besok (hari ini),” ujarnya.

Menanggapi hal itu, terlapor dugaan tindak pidana perbuatan pencemaran dan penghasutan, Egi Ramadhan mengatakan, terkait laporan pengaduan dari Camat Malingping, dirinya menganggap sebagai konsekuensi atas postingan di facebook. ”Itu hak mereka (terlapor), saya siap menghadapi segala konsekuensinya. Toh semua itu merupakan curhatan dari para atlet yang saya pikir itu adalah anak kita yang berhak mendapat fasilitas,” ujarnya seperti ditulis dalam layanan mesengger.

Ketika ditanya terkait tuduhan dugaan tindak pidana perbuatan pencemaran dan penghasutan, Egi menuturkan, postingan di facebook, murni kritikan yang seharusnya. Sukanta sebagai pengayom masyarakat lebih bijak menyikapinya. ”Yang saya sampaikan ini kritikan murni kang. Saya kira masing-masing otak punya pandangan yang berbeda begitu pun dengan mereka,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, jajaran kantor kecamatan dan tim official atlet Kecamatan Malingping yang bertanding pada ajang Pekan Olah Raga Kabupaten (Porkab) mendatangi kantor Kepolisian sektor (Polsek) Malingping, Jumat (28/7/2017) sore kemarin. Mereka membuat laporan pengaduan atas akun facebook bernama, Eggi Ramadhan karena diduga telah melakukan tindakan pencemaran dan penghasutan.

Postingan status facebook atas nama Eggi Ramadhan, di antaranya bertuliskan ”kasian amat dengar atlet Porkab Lebak tidur di ruang kelas SMK KORPRI hanya beralasan tikar” berujung pada proses hukum setelah pihak kantor kecamatan dan tim official atlet Porkab Lebak dari Kecamatan Malingping mengadukan ke Mapolsek Malingping. Hal itu dipicu adanya sejumlah komentar baik dari pembuat status yakni akun Eggi Ramadhan maupun sejumlah akun lainnya yang menjurus pada dugaan tindak pidana pencemaran dan penghasutan. (H-34)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here