Senin, 18 Februari 2019

Terdampak Tsunami Selat Sunda, Siswa SD Masih Trauma Berat

PANDEGLANG, (KB).- Sebanyak 150 siswa dari 407 siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Teluk 2 Labuan masih menggunakan pakaian bebas pada awal masuk sekolah, karena pakaian seragam sekolah yang terbawa tsunami selat sunda.

Berdasarkan pantauan Kabar Banten, dari 150 siswa yang masuk awal sekola terdapat 5 orang siswa yang masih bengong dan trauma berat, satu orang yang luka di tangan, karena terkena dampak tsunami langsung dan ikut terseret gelombang tsunami.

Kepala SDN Teluk 2 Labuan, Dedeh Arnawati mengatakan, sebanyak 60 persen siswa dari keseluruhan masih belum masuk sekolah, karena masih mengungsi dan masih merasa ketakutan, selain itu juga masih banyaknya siswa yang trauma berat.

“Tadi kita lihat, hanya ada sedikit yang masuk sekokah, untuk total seluruh siswa itu ada 407 siswa, tapi hari ini yang masuk ga lebih dari 200 siswa, pakaiannya juga masih banyak yang memakai baju bebas, apalagi ada satu orang yang bengong saja, namanya fajar, dia trauma berat,” ucap Kepsek kepada Kabar Banten saat ditemui di Ruangannya, senin (7/1/2019).

Ia mengatakan, sampai dua minggu ke depan belum dilakukan pembelajaran formal, tujuannya untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar terlebih dahulu, sebab jika tidak langsung dilakukan pembelajaran formal siswa belum pulih kondisi psikologisnya.

“Di SDN Teluk 2 Labuan ini bukan hanya siswa yang terkena dampak tsunami, tapi juga ada delapan guru yang terkena dampak tsunami dan banjir, makanya pas awal masuk megajar masih memakai pakaian biasa, kita juga belum melakukan KBM formal,” katanya.

Sementara itu, orang tua siswa, Indri Sri Wahyuni mengatakan, dirinya menginginkan bantuan seragam sekolah untuk anaknya, sebab untuk rumah dan seisinya habis terbawa tsunami, dirinya juga menginginkan adanya perbaikan psikologis anaknya.

“Rumah saya kan terbawa tsunami dan banjir, hancur kodnisinya, pakaian keluarga semua habis, peralatan anak sekolah juga habis, sekarang saja anak saya tidak punya peralatan sekolah, belum lagi dia masih melamun, semoga di sekolah dia kembali pulih kejiwaannya,” ucapnya. (Ade Taufik)*


Sekilas Info

Gelar TMS di Pandeglang, Kemensos Berikan Pelatihan Tanggap Bencana

PANDEGLANG, (KB).- Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menggelar pelatihan dan penyuluhan kesiapsiagaan terhadap bencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *