Terdampak Aktivitas Proyek Nasional, Sejumlah Jalan Kabupaten Rusak

SERANG, (KB).- Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang mengungkapkan, bahwa sejumlah ruas jalan kewenangan Kabupaten Serang khususnya di wilayah Serang Timur mengalami kerusakan akibat aktivitas kendaraan besar yang lalu lalang ke proyek nasional.

Untuk perbaikan jalan tersebut, DPUPR telah mengirim surat ke Kementerian PUPR. Kepala Bidang Bina Marga pada DPUPR Kabupaten Serang Yadi Priyadi mengatakan, ada tiga proyek nasional yang mengakibatkan jalan tersebut rusak, di antaranya kegiatan pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang dan pembangunan turap (saluran air) oleh balai besar dan satu proyek di Pamarayan pembangunan tanggul.

Namun demikian, pihaknya sudah berkirim surat ke Kementerian PUPR untuk perbaikan kerusakan jalan tersebut.

“Responsnya, dia memberikan surat perintah kepada si pelaksananya untuk memperbaiki, saya juga dikirim lagi (surat), mereka merespons. Mudah-mudahan nanti mereka dengan cepat? (memperbaiki jalan yang rusak), tapi pastinya mereka fokus dulu terhadap pekerjaannya” katanya kepada Kabar Banten saat ditemui di Tanara, Jumat (20/9/2019).

Ia menuturkan, sejumlah ruas jalan yang rusak semuanya ada sekitar empat sampai lima titik lokasi, di antaranya Jalan Tambak-Pamarayan dan Sentul Kisarap. Menurut dia, kerusakan tersebut terjadi, karena banyaknya kendaraan proyek dengan tonase besar yang lalu lalang.

“Jalan kabupaten nya ada yang sudah lama ada yang baru dibangun. Aksesnya (proyek nasional) memang melintasi ruas jalan tersebut. Tapi, pada dasarnya mereka sudah sosialisasi kepada kami, ketika ada yang di-crossing mereka juga sosialisasi ke kami, bersurat ke kami,” ucapnya.

Meski demikian, dia sudah memperkirakan aktivitas proyek tersebut akan berdampak terhadap jalan di Kabupaten Serang. Sebab, kapasitas jalan Kabupaten Serang maksimal hanya 8 ton. Sementara, muatan proyek tersebut lumayan berat.

“Proyek Tol Serang-Panimbang dan balai itu kan muatannya lumayan berat ya. Jadi, ya lumayan berdampak, tapi kami komunikasi lagi saja nanti,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here