Tenaris Merit Award 2019, Ratusan Siswa Cilegon Dapat Beasiswa

CILEGON, (KB).- Sebanyak 135 siswa berprestasi di Kota Cilegon yang berasal dari sembilan sekolah mendapatkan penghargaan Merit Awards 2019, yang merupakan beasiswa pendidikan dari Tenaris SPIJ (PT Seamless Pipe Indonesia Jaya). Kegiatan tersebut diselenggarakan di SMK Negeri 1 Kota Cilegon, Rabu (30/1/2019).

Diketahui, sembilan sekolah tersebut terdiri dari tiga SMP, tiga SMA, dan tiga SMK se-Kota Cilegon. Pada program penghargaan pendidikan tahun ini, PT Tenaris SPIJ total memberikan Rp 414 juta kepada pelajar Cilegon. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun lalu, yang mencapai Rp 300 juta.

“Ini adalah program kami yang ke lima kalinya di Cilegon, dan ke delapan se-Indonesia. Hasil kerja sama kami dengan Dinas Pendidikan Cilegon, berdasarkan pemeringkatan capaian pendidikan pelajar dan prestasi sekolah,” ujar Direktur Pengadaan Barang dan Jasa Tenaris Indonesia, Tomy Yanuar.

Ia mengatakan perusahaannya memang berkonsentrasi pada penghargaan di dunia pendidikan, karena sejalan dengan investasi sosial. Selain menambah motivasi kepada pelajar dalam meningkatkan prestasinya.

“Di tingkat global dan domestik, Merit Awards ini juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa program sarjana melalui pendidikan Roberto Rocca. Di luar pendidikan, kami juga membangun jembatan, bridge of hopes, yang sudah terbangun 81 jembatan di Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cilegon, Ismatullah menambahkan, pelajar dan sekolah yang terpilih dalam Merit Awards tersebut merupakan hasil seleksi penilaian berdasarkan sejumlah kriteria.

“Jadi pelajar yang terpilih ini tidak hanya berdasarkan capaian pendidikannya saja yang menjadi bahan pertimbangan, akan tetapi juga mereka yang berprestasi namun berasal dari keluarga yang kurang mampu. Diharapkan dengan adanya bantuan beasiswa ini bisa meringankan beban keluarganya dan mereka lebih berdaya,” katanya.

Sementara Kepala SMK Negeri 1 Cilegon, Widodo mengapresiasi atas bantuan tersebut. Namun demikian, dirinya berharap agar perusahaan juga turut memerhatikan keberlangsungan pendidikan pelajar lainnya di sekolah kejuruan dengan sembilan paket keahlian tersebut.

“Ada 18 pelajar kami yang memperoleh beasiswa, sementara kami memiliki sekitar 1.700 pelajar. Harapan kami, perusahaan juga bisa memberikan perhatian terhadap anak-anak didik kami lainnya. Karena kan kita ketahui SMK ini tidak pernah luput dari peran industri, termasuk kesempatan bagi praktik lapangan satu tahun bagi kelas pendidikan empat tahun di sekolah kami,” katanya. (YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here