Tempat Wisata Pantai Ramai, Wisatawan Diminta Tetap Jaga Jarak

SERANG, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang mengimbau kepada wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata pantai Anyer-Cinangka agar tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan jaga jarak.

Hal itu dilakukan mengingat saat ini kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut masih tetap ramai selama libur lebaran. Petugas Perawat Posko Dinas Kesehatan Kabupaten Serang wilayah Anyar-Cinangka Rapiudin mengatakan, saat ini kunjungan wisata masih tetap ramai, untuk itu diimbau kepada wisatawan agar tetap menggunakan masker dan tidak dilepas.

“Itu saran kita. Terus cuci tangan sesering mungkin dan gunakan hand sanitizer serta sosial distancing juga phsykal distancing harus diupayakan. Karena itu penularan paling cepat, walau masyarakat agak susah kita terus ingatkan,” ujarnya kepada Kabar Banten di posko kesehatan Dinkes Kabupaten Serang, Senin (25/5/2020).

Alumni Ponpes Riyadus Solihin tersebut menjelaskan, untuk memastikan semua tempat wisata di kawasan pantai menggunakan protokol kesehatan pihaknya bekerjasama dengan kepolisian.

“Kalau sosial distancing mulai padat, polisi akan turun tangan. Kalau ada kasus (keluhan gejala Covid-19) baru masuk ke kita. Polisi mantau itu jangan sampai ada keramaian melebihi sosial distancing. Itu kewajiban kepolisian, kalau kita kewenangan jika ada yang suhunya melebihi 37,5 derajat. Selain disini ada pos juga di mercusuar, kalau disini sentralnya,” tuturnya.

Baca Juga : Sejumlah Pantai Ramai Dikunjungi, Pengelola Lakukan Ini kepada Pengunjung

Terkait pendirian pos kesehatan, Ia mengatakan, pos yang dibentuk Dinkes didirikan sejak Sabtu (23/5/2020) sampai Senin (25/5/2020). Keberadaan posko tersebut untuk memantau kesehatan para wisatawan jika terjadi kegawatdaruratan.

“Ini hari terakhir. Untuk wisata sama kegawatdaruratan tapi kalau ada masyarakat minta info tentang Covid kita harus berikan. Cuma untuk pasien umum non gawat akan dirujuk ke puskesmas,” ucapnya.

Ia mengatakan, jika ada keluhan dari wisatawan yang mengarah pada gejala penderita Covid-19, akan langsung diarahkan ke puskesmas Cinangka. Disana wisatawan tersebut akan diarahkan untuk melakukan rapid tes.

“Kita sudah siapkan rapid tes di Puskesmas. Tapi Alhamdulillah sampai sekarang enggak ada (yang dirapid tes). Cuma kemarin ada kecelakaan ringan saja,” tuturnya.

Rapiudin menjelaskan, dalam posko tersebut ada tiga orang petugas yang berjaga setiap shift nya. Dari ketiganya meliputi satu dokter, satu perawat dan satu driver. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here