Selasa, 11 Desember 2018
Kondisi SDN Kambangan di Desa Ciwarna, Kecamatan Mancak yang mengalami longsor pada bagian ujung bangunannya, Senin (5/3/2018).*

Tembok Penahan SD Negeri Kambangan Longsor

SERANG, (KB).- Tembok penahan tanah (TPT) gedung SDN Kambangan yang berada di Kampung Kambangan, Desa Ciwarna, Kecamatan Mancak, longsor, Senin (5/3/2018) sekitar pukul 05.00, setelah sebelumnya diterpa hujan deras. Walau tidak menelan korban jiwa, namun peristiwa tersebut membuat kondisi sekolah menjadi mengkhawatirkan.

Pantauan Kabar Banten, longsor terjadi di bagian ujung salah satu gedung sekolah, tepatnya didepan toilet sekolah. Kondisi bangunan sekolah yang berumpak itu menjadi tampak berbahaya. Sebab, TPT nya hilang tergerus air. Meski demikian, aktivitas belajar mengajar murid tetap berjalan seperti biasa. Garis polisi sudah terpasang di lokasi longsor tersebut.

Guru kelas VI SDN Kambangan, Nikmatullah mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 05.00. Saat itu cuaca sedang hujan deras. Beruntung kejadian itu tidak menyebabkan korban jiwa atau kerusakan yang besar. ”Biasanya di bawah tempat longsor itu suka ada mobil parkir, tapi semalam mah enggak ada,” ujarnya.

Meski demikian, menurut Nikmatullah, kondisi tersebut tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. Sebab yang terdampak hanya bagian toilet, dimana pipa spitengnya mengalami kerusakan parah. Akibatnya, murid yang ingin menggunakan kamar mandi harus mencari tempat lain untuk sementara. ”Hari ini UTS, dan ruang kelas enggak ada yang rusak, jadi tetap jalan,” katanya.

Nikmatullah menuturkan, selama ini daerahnya memang dikenal rawan longsor. Jika melihat kondisi lokasi, bangunan sekolahnya cukup berbahaya karena berada di atas. Longsor juga bukan pertama kali terjadi di desanya. Sebab pada tahun lalu sempat terjadi. Hanya saja tidak sampai menimbulkan korban jiwa. ”Mungkin susah cari lahan di sini. Sudah pernah ngusulin ke atas tapi belum ada,” ucapnya.

Ia mengatakan, untuk bantuan saat ini sudah mulai berdatangan. Bantuan yang datang seperti dari Polsek, UPT Pendidikan Mancak, Koramil dan warga sekitar. Bahkan pihaknya sudah melakukan rembuk bersama komite, lurah dan semuanya menyarankan agar Selasa (6/3/2018) dilakukan perbaikan. ”Besok (hari ini) mau dipasang pondasi langsung, takut ada longsor susulan lagi,” tuturnya.

Sementara, Camat Mancak Marpudin mengatakan, saat ini pihaknya sudah memesan material seperti pasir, besi, cakar ayam, batu dan juga semen untuk memperbaiki TPT yang rusak tersebut. ”Insya Allah besok akan dilakukan pengerjaan dengan swadaya masyarakat, kepala sekolah, komite sekolah, kelurahan dan wali murid terdekat,” ujarnya.

Marpudin mengatakan, dana yang akan digunakan untuk perbaikan tersebut berasal dari swadaya. Sebab jika harus menggunakan APBD akan terlalu lama, karena perlu ada perencanaan dan pelaporan. Selain itu, pihaknya akan terus melaporkan perkembangannya dan meminta bantuan kepada dinas pendidikan agar sekolah itu ditinjau ulang. (DN)***


Sekilas Info

RSUD Kota Serang Siap Kerja Sama dengan BPJS

SERANG, (KB).- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Toyalis mengatakan, pembangunan tahap kedua Rumah Sakit Umum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *