Jumat, 21 September 2018

Telaga Biru Cigaru Cocok untuk Libur Akhir Pekan

Wisata Telaga Biru Cigaru atau Danau Cisoka ini merupakan wisata baru yang ada di Kabupaten Tangerang. Wisata Telaga Biru Cisoka menjadi wisata yang sedang jadi favorit dan “instagramable” di wilayah Tangerang karena memiliki keindahan alam yang berbeda dari tempat wisata lainnya.

Telaga Biru Cisoka sebenarnya bukan wisata alam melainkan wisata yang buatan yang berada di bekas galian tambang. Bekas galian tambang ini sebelumnya adalah tempat tambang pasir yang sudah berhenti beroperasi sejak tahun 2015. Dari bekas galian inilah ditempat ini terdapat beberapa cekungan yang berubah menjadi sebuah telaga yang memiliki warna yang berbeda-beda dan sangat indah.

Wisata Telaga Biru Cisoka ini memiliki banyak sebutan diantaranya adalah Telaga Biru Cigaru, Danau Biru Cigaru dan Danau Cisoka. Seperti pada informasi diatas bahwa Wisata Telaga Biru atau Danau Cisoka ini bukanlah danau alami melainkan galian pasir yang sudah lama tidak beroperasi.

Seorang pengunjung Hendrik mengutarakan awal mula danau ini dulunya adalah persawahan yang kemudian menjadi lokasi pengerukan pasir sekitar belasan tahun lalu. ”Tahun 2015 pengerukan/penggalian pasir berhenti beroperasi. Semakin lama bekas galian sedalam 15 meter ini semakin tak terawat dan tergenang air keruh sampai musim hujan menggenangi tempat ini hingga air berubah biru dan menjadi sebuah telaga yang cantik,” ujarnya, Minggu (8/7/2018).

Ia juga mengatakan telaga ini bukan hanya danau saja tetapi sekarang mulai kreatif warga sekitarnya. “Sampai diadakan bebek-bebekan, perahu, ayunan love untuk berfoto, dan permainan yang lainnya”, ujarnya.

Rohman, pengunjung yang lain mengatakan tidak hanya anak remaja yang membawa pasangan ke Danau Cigaru ini, tapi yang sudah mempunyai anak pun weeken- nya kesini. “Selain indah untuk berfoto murah juga bayar tiketnya”, ujar Rohman. “Tempatnya enak sih, rame pula, tapi gersang dan panas. Jadi kalo kesini harus sore hari biar nyaman untuk memenuhi album dan di Danau Biru ini lebih ramai sore dibanding siang ataupun pagi”, ujarnya. (Ubay Baitu Rohmah)*


Sekilas Info

Menata Ulang Situs Gunung Santri

Area wisata religi Gunung Santri yang berlokasi di Desa/Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, akan ditata ulang. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *