Tekan Stunting, Dinkes Pandeglang Gandeng Pelaku Usaha dan Ormas

PANDEGLANG, (KB).- Dalam rangka penanggulangan dan pencegahan stunting, Pemkab Pandeglang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang bersama para pelaku usaha dan Organisasi masyarakat (Ormas) melakukan komitmen bersama dalam penggalangan untuk penanggulangan dan pencegahan stunting di Kabupaten Pandeglang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Rd Dewi Setiani mengatakan, dalam rangka penanggulangan dan pencegahan stunting, pihaknya melakukan komitmen bersama dengan para pelaku usaha dan Ormas.

“Soalnya, para pelaku usaha dan organisasi masyarakat memiliki peran penting untuk mencegah stunting atau kurang gizi,” kata Dewi saat melakukan pertemuan dengan para pelaku usaha dan Ormas dalam penanggulangan dan pencegahan stunting di salah satu hotel di Pandeglang, Selasa (13/8/2019).

Soalnya, kata dia, untuk penanggulangan dan pencegahan stunting, perlu adanya pendampingan dalam perubahan perilaku masyarakat, melalui upaya dalam mendukung promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

”Dapat dilakukan melalui pendidikan kesehatan masyarakat, komunikasi, informasi dan edukasi serta upaya kesehatan berbasis masyarakat. Salah satunya yakni dengan meningkatkan kapasitas program pada perangkat daerah terkait termasuk para pelaku usaha dan organisasi masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pery Hasanudin mengatakan, pemerintah daerah proaktif dan bertekad menggencarkan berbagai program untuk menekan sekecil mungkin angka stunting.

”Untuk itu, hampir semua instansi dilibatkan sehingga ada gerakan serentak lintas instansi dan sektoral untuk menekan angka stunting,” tuturnya.

Apalagi, kata dia, permasalahan stunting tidak hanya disebabkan oleh kesehatan saja. Akan tetapi bisa juga dipengaruhi oleh berbagai hal seperti faktor ekonomi, pendidikan sosial dan pola hidup masyarakat.

”Oleh karena itu, guna menanggulangi dan mencegah permasalahan stunting adalah mengupayakan intervensi kesehatan dan dukungan lapisan masyarakat secara berkelanjutan,” tuturnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here