Tekan Pengangguran, Disnakertrans Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Program PBK

SERANG, (KB).- Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang membuka pendaftaran program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) bagi warga Kabupaten Serang. Pelatihan tersebut diberikan sebagai salah satu upaya menekan angka pengangguran.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Serang Sutarya menuturkan, program tersebut memberikan pelatihan untuk bidang otomotif, manufaktur, dan refrigerasi yang bekerja sama dengan Balai Besar Latihan Kerja (BBLK) Bandung.

“Tahun ini, kami buka kuota bagi warga Kabupaten Serang yang mau ikut pelatihan di BBLK Bandung. Pelatihannya, yaitu untuk otomotif, manufaktur, dan refrigerasi,” katanya saat ditemui di ruang kerja, Kamis (23/1/2020).

Ia menjelaskan, pelatihan yang dibuka bagi warga Kabupaten Serang tersebut bertujuan, untuk membantu menekan angka pengangguran. Nantinya peserta yang mendaftar akan dikirim ke BBLK Bandung untuk mengikuti pelatihan selama 1,5 bulan. Setelah itu, mereka akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk membuka usaha atau masuk dunia kerja atau industri.

“Nanti kan mereka dapat sertifikat. Biasanya paling banyak setelah mengikuti pelatihan itu mereka membuka usaha, sedikit yang digunakan untuk kerja di perusahaan,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, Disnakertrans Kabupaten Serang masih membuka pendaftaran bagi warga yang berminat mengikuti. Sebab, pendaftaran dibuka sejak Senin (20/1/2020) hingga Sabtu (29/2/2020) mendatang. Sampai saat ini baru ada 13 orang yang mendaftar untuk mengikuti pelatihan.

“Per jurusan itu kuotanya 16 orang. Nanti setelah sudah ada yang mendaftar di seleksi lagi, kemudian dilaporkan ke BBLK Bandung,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan tersebut, tingkat pengangguran di Kabupaten Serang tahun ini dapat menurun. Pelatihan yang diberikan dinilai mampu membuka peluang bagi peserta yang mengikuti. Sementara, untuk tahun lalu, terdapat sekitar 48 peserta yang telah mengikuti pelatihan kerja di BBLK Bandung dan Bekasi. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here