Tekan Angka Urbanisasi, Bupati Tangerang Dukung Pemindahan Ibu Kota

TANGERANG, (KB).- Rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan mendapat respons beragam. Ada yang setuju dan ingin ikut pindah ke Kalimantan, namun ada juga yang menolak rencana yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam sidang tahunan MPR.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar misalnya mendukung rencana Pemerintah Pusat untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan. Hal tersebut, menurut dia, mampu mengurangi angka urbanisasi di Kabupaten Tangerang.

“Terkait pemindahan ibu kota sangat mendukung, karena dengan pemindahan ibu kota mudah-mudahan bisa mengurangi urbanisasi di Kabupaten Tangerang,” katanya, Senin (19/8/2019).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang Syafrudin menjelaskan, arus urbanisasi di wilayah Kabupaten Tangerang dapat dilihat dari data kepindahan dan kedatangan penduduk, melalui surat keterangan pindah WNI (SKPWNI) ada 2.000 orang yang mengajukan pidah domisili.

“Satu bulannya itu tidak kurang 2.000-an orang yang mengajukan pindah domisili, apalagi di bulan-bulan atau momen tertentu seperti Idulfitri pengajuan dari kaum urban itu akan meningkat,” ujarnya.

Menurut dia, Kabupaten Tangerang memiliki daya tarik terhadap kaum urban selain sebagai penyangga ibu kota, wilayah tersebut juga memiliki ribuan industri. Akan tetapi, lanjut dia, angka tersebut bukan angka tertinggi untuk fenomena urbanisasi. “Itu tidak tinggi, umumnya sekitar 1.500 sampai 2.000 orang per bulannya,” ucapnya.

Ia menuturkan, penanggulangan terkait fenomena tersebut seharusnya ada, namun secara umum leading sector-nya bukan di Disdukcapil, karena ada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya yang memiliki kewenangan yang sama. “Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) juga bisa kalau kami hanya aspek dokumentasi administrasinya saja,” tuturnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here