Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas, BPJS Ketenagakerjaan Banten Gelar ‘Safety Riding’

Perwakilan perusahaan mitra BPJS Ketenagakerjaan di Tangerang Raya Antusias mengikuti program safety riding BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten di Jatiuwung, Kota Tangerang, Kamis (10/10/2019).*

TANGERANG, (KB).- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten secara intensif menyosialisasikan program promotif preventif, salah satunya melalui pelatihan Safety Riding kepada 275 orang pekerja dari berbagai mitra perusahaan se-Tangerang Raya, Kamis (10/10/2019).

Program promotif preventif melalui pelatihan Safety Riding ini telah dilaksanakan sejak 2 Oktober 2019. Kegiatan pelatihan Safety Riding BPJS Ketenagakerjaan ini digelar di PT Wahana Makmur Sejati, Jl Gatot Subroto, Km 8, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah (Kanwil) Banten Eko Nugriyanto menjelaskan, pelatihan safety riding yang dilaksanakan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan program promotif dan preventif BPJS Ketenagakerjaan tahun 2019.

Menurut Eko kegiatan ini untuk menekan angka kecelakaan kerja yang dialami pekerja di sektor lalu lintas. Terlebih kasus kecelakaan kerja di sektor ini lebih besar ditangani oleh BPJS Ketenagakerjaan tiap tahunnya.

Asisten Deputi Bidang Pelayanan Kantor Wilayah Banten Mulyana menyampaikan hal yang sama. Menurut dia, kecelakaan lalu lintas yang semakin meningkat setiap tahun menjadi alasan pentingnya pelatihan safety riding untuk digelar. Sehingga berbagai edukasi terkait kecelakaan kerja juga mengisi pelatihan tersebut.

“Saya berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini nantinya dapat memberikan pemahaman safety riding kepada pekerja lainnya di perusahaan masing-masing,” tuturnya.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cikokol, Elly Ginanjar DJ mengungkapkan peserta yang ikut kegiatan pada hari ini merupakan peserta pilihan yang tertib dalam adminitrasi.

“Total jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan se Tangerang Raya yang ikut pelatihan Safety Riding 275 pekerja,” ungkap Elly.

Di cabang Tangerang Cikokol, lanjut Elly, rata rata 50 persen adalah kecelakaan akibat berlalu lintas. Bahkan prosentase pengklaiman yang ditanggung bisa mencapai Rp 1 milyaran.

“Masih banyak masyarakat yang mengenyampingkan keamanan dalam berkendara, termasuk pekerja sehingga ketika terjadi kecelakaan cedera yang dialami kadang lebih parah. Karena itu melalui program ini kami kembali ingin mengingatkan bahwa keamanan berkendara itu sangat penting,” imbuhnya.

Elly menambahkan BPJS Ketenagakerjaan memberikan keamanan bagi pekerja melalui Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Program ini memberikan manfaat layanan seperti biaya pengobatan tanpa batasan biaya, biaya transportasi dari lokasi kecelakaan kerja ke rumah sakit, pengobatan di PLKK, santunan sementara tidak mampu bekerja. (DA/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here