Sabtu, 23 Februari 2019

Tatu Rombak 223 Pejabat Pemkab Serang

SERANG, (KB).- Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengukuhkan dan merotasi 223 pejabat eselon II, III, dan IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Menurut dia, perombakan tersebut dilakukan, karena adanya perubahan formasi di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD).

Pantauan Kabar Banten, ratusan pejabat tersebut dikukuhkan dan dilantik langsung oleh bupati di Lapangan Tenis Indoor Pemkab Serang, Rabu (16/1/2019).

Dua orang pejabat tinggi pratama atau eselon II yang dikukuhkan, yakni Dedi Setiadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) menjadi Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Kemudian, Hamdani yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD).

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menuturkan, pengukuhan dan pelantikan dikarenakan adanya perubahan di beberapa OPD, di antaranya Badan Pendapatan, Dinas Arsip, dan ULP. Selain itu, ada juga rotasi dan promosi. “Hari ini (kemarin) kami saksikan 223 orang dilantik., terdiri dari dua jabatan pimpinan tinggi pratama, 43 administrator, 116 pengawas, dan 62 fungsional,” katanya kepada wartawan.

Ia menuturkan, rotasi dan mutasi baru sebagian. Setelah open bidding dan ada yang terpilih sebagai kepala dinasnya, akan kembali ada perubahan. “Dan kami sesuaikan lagi,” ujarnya. Ia mengatakan, bagi mereka yang dirotasi dan dikukuhkan diharapkan selalu memegang janji ASN untuk siap ditempatkan di mana saja.

“Dan itu saya rasa yang harus mereka pegang teguh. Karena, di posisi manapun mereka harus bekerja sepenuh hati terkait pelayanan kepada masyarakat tidak boleh milih-milih posisi. Siap ditempatkan di mana saja tidak jadi persoalan yang penting kerja harus maksimal dan optimal,” ucapnya.

Disinggung terkait kapan pelantikan tiga posisi kepala OPD hasil open bidding, yakni DKBP3A, DKPP, dan Staf Ahli, dia mengatakan, belum menjadwalkan. Sebab, saat ini mereka masih melakukan paparan yang sempat tertunda, karena adanya kunjungan dari Kota Jambi dan Tangsel.

Rencananya pemaparan tersebut, akan dilanjutkan Senin (21/1/2019). Setelah itu Bupati Serang, Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa, Sekda Kabupaten Serang, dan staf khusus akan mengambil kesimpulan siapa yang terbaik dan menguasai. “Karena, dalam pemaparannya mereka ditanya terkait dengan persoalan yang ada dan bagaimana solusinya. Jadi, bukan paparan biasa. Kemarin baru Dinas KB, yang lain belum,” tuturnya.

Sedangkan, untuk posisi kepala Diskominfo rencananya akan dilakukan open bidding. “Kominfo open bidding. Kosong (posisi kadisnya) dulu sekarang,” katanya. Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Asep Saefudin Mustopa menuturkan, pelantikan jabatan tinggi pratama dilakukan, karena ada nomenklatur yang berubah, seperti BPPD menjadi Bapenda, Arsip menjadi Dinas Kearsipan dan ULP.

Untuk jabatan administrasi, di antaranya kabid, sekdis, camat, sekmat, kasi, dan kasubag, sedangkan untuk jabatan fungsional dulu posisi kepala Puskesmas masuk jabatan struktural, kini menjadi fungsional sesuai PP Nomor 18 Tahun 2016. “Sehingga sekarang kepala unit pelaksana teknis pelayanan di Puskesmas itu dia juga mendapat tugas tambahan selaku kepala UPT. Ia juga harus tetap melaksanakan fungsi dia sebagai dokter tidak hanya sebagai kepala UPT-nya,” ujarnya.

Ia mengatakan, setelah pelantikan, masih ada pelantikan dan rotasi lagi. Sebab, setiap ada ASN yang naik jabatannya tentu ada posisi yang ditinggalkan. “Karena kan eselon III naik jadi eselon II pasti eselon III harus diisi lagi. Mungkin eselon IV juga, karena naik jadi eselon III. Ya setiap ada perubahan pasti ada pelantikan secepatnya. Yang promosi eselon dari IV ke III itu 18 orang, sisanya dari staf ke eselon IV ada 20 orang,” ucapnya. (DN)*


Sekilas Info

Pendaftar Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Banten Membeludak

SERANG, (KB).- Pendaftar seleksi calon Anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten periode 2019-2023 membeludak. Sampai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *