Tatu Geser Sejumlah Pejabat Eselon II Pemkab Serang

SERANG, (KB).- Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengganti dan mengisi posisi sejumlah pejabat eselon II dan puluhan pejabat eselon III di Lingkungan Pemkab Serang. Sebelum pergantian tersebut, bupati dan wakil bupati serta unsurnya melakukan evaluasi terhadap kinerja seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).  Pelantikan para pejabat tersebut, digelar diendopo Bupati Serang, Kamis (2/8/2018).

Pejabat eselon II yang diganti, yakni Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang, yang sebelumnya dijabat Ajat Gunawan digantikan Irawan Noor yang sebelumnya menjabat Asisten Daerah (Asda) II. Kemudian, jabatan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) diisi Rif’ah Maftuty yang sebelumnya menjabat Asda III.

Sementara, terkait penggantian Kepala DPKPTB, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, serapan DPKPTB memang paling rendah, yakni hanya 2,16 persen. Oleh karena itu, dia bersama Baperjakat dan Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa memutuskan, untuk menukar posisi kepala dinasnya dengan Asda II di sisa waktu yang ada.

Bupati Serang khawatir, jika tidak dilakukan pergantian program kerja yang ada menjadi tidak terselesaikan atau bahkan ada serapan yang sangat rendah. “Sangat disayangkan kalau tidak terserap, kan masyarakat menunggu. Jadi, coba karena kami bersepakat, bahwa harus ada coba penggantian dulu,” katanya kepada Kabar Banten saat ditemui setelah upacara pelantikan eselon II dan III di Lingkungan Pemkab Serang.

Ia menuturkan, pergantian tersebut, bukan berarti kepala dinas sebelumnya tidak kompeten. Namun, hanya saja tempat yang saat ini ditempati masih kurang sesuai dengan profesionalitasnya. “Jadi, kami selaku pimpinan ini tugasnya menempatkan mereka ini sesuai dengan kemampuannya. Karena, ketika punya kemampuan A, tapi ditempatkan di tempat B, kan itu tidak bisa kami sebut dia tidak mampu. Ya mungkin itu bukan bidangnya, bukan keahliannya,” ujarnya.

Ia mengatakan, rolling jabatan tersebut, hanya untuk mencari komposisi yang paling tepat, agar mereka bisa ditempatkan sesuai dengan keahlian dan kemampuannya masing-masing. Jika kemudian hasil penggantian tersebut, tidak berjalan dengan baik, maka pihaknya bersama BPKSDM akan melakukan evaluasi kembali. “Dievaluasi terus sama BKPSDM mana yang sudah sesuai dan belum dengan tugasnya,” ucapnya.

Disinggung terkait pemilihan Asda II, Irawan Noor, dia menuturkan, jika Irawan dikembalikan pada posisi sebelumnya. Di mana Irawan memiliki pengalaman pernah menjadi Kepala DPUPR. “Jadi, ini mirip ya. Perkim menangani fisik, ya saya dengan pak wakil dan jajaran Baperjakat berharap pak Irawan bisa untuk bantu persoalan yang ada di Perkim (DPKPTB),” tuturnya.

Sementara, Kepala Bidang Bangkir pada BPKSDM Kabupaten Serang, Surtaman mengatakan, total pejabat yang dilantik sebanyak 64 orang, terdiri atas pejabat administrator eselon III sebanyak 45 orang, eselon II sebanyak 3 orang, dan 16 orang kepala sekolah. “Jadi, totalnya 64 orang,” katanya.

Sampai saat ini, semua unsur eselon III sudah penuh semua. Posisi yang kosong hanya tinggal eselon IV, sebab dia promosi ke eselon III. “Saya lupa datanya kalau eselon IV. Kalau eselon II sekarang yang kosong hanya Asda III. Kalau kosong kan harus open bidding kan stok eselon II-nya sudah enggak ada, karena pak Entus naik jadi sekda. Kalau dari eselon III harus open bidding,” ujarnya. Ia membantah, jika pelantikan pejabat tersebut dilakukan dalam waktu yang singkat. Sebab, sebelumnya sudah dilakukan kajian. “Enggak mendadak, kami sudah riset,” ucapnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here