Tatu Apresiasi Bagian Program Pemkab Serang

Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah SE MAk mengapresiasi para Kasubag Program di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Sebab, atas sinergi, kerja keras, dan kerja cerdas yang telah dilakukan, Pemkab Serang kembali meraih Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Awards, Senin (28/1/2019).

Penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin pada penyerahan laporan hasil evaluasi SAKIP Wilayah I di The Trans Luxury Hotel, Bandung.
Apresiasi tersebut disampaikan secara khusus oleh bupati kepada para Kasubag Program di Pendopo Bupati Serang.

“Penghargaan tersebut hasil kerja keras dan kerja cerdas aparatur Pemkab Serang, terutama para bagian program di semua OPD,” katanya dalam rilis yang diterima Kabar Banten, Rabu (6/2/2019).

Ia mengingatkan kepada seluruh bagian program di Pemkab Serang, bahwa dalam hal SAKIP yang terpenting, yaitu efisiensi anggaran. “Saya sampaikan kepada para bagian program, penghargaan bukan tujuan utama. Paling penting, adalah efisiensi anggaran. Nilai SAKIP yang kami capai, bermakna, bahwa anggaran Pemkab Serang sudah efisien dan efektif digunakan,” ujarnya.

Pada evaluasi SAKIP, Pemkab Serang terus mengalami peningkatan. Untuk 2012 sampai 2015 mendapat predikat CC, meningkat 2016 berpredikat B (baik). Meningkat kembali 2017 berpredikat BB (sangat baik) dengan nilai 70,01 poin. Selanjutnya, terus meningkat pada 2018 menjadi BB Plus dengan nilai 74,54 poin.

Secara nasional dari 518 kabupaten/kota, 5 berpredikat D, 97 berpredikat C, 162 berpredikat CC, 185 berpredikat B, 40 berpredikat BB, dan 9 berpredikat A. Rata-rata nilai kabupaten/kota, adalah sebesar 56,53 poin atau kategori CC.

Untuk pemerintah daerah di Banten, predikat tertinggi baru mencapai BB yang diraih tiga daerah, yakni Kabupaten Serang dengan 74,54 poin, Kabupaten Lebak 74,15 poin, dan Kabupaten Pandeglang 70,15. Lima kabupaten/kota lainnya di bawah predikat BB. Bahkan, Pemprov Banten baru mencapai predikat B dengan nilai 60,2 poin.

Dari tiga daerah yang mencapai BB, Kabupaten Serang memiliki nilai terbaik dengan predikat BB 74,54 poin. Satu tingkat lagi menuju predikat A (terbaik) dengan minimal nilai 80 poin. “Kami tetap punya target terbaik atau berpredikat A. Tapi, paling penting, anggaran yang kami gunakan harus semakin efektif dan efisien,” ucapnya. (Yomanti)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here