Targetkan Rp 1 Miliar, PMI Kota Cilegon Luncurkan Bulan Dana Tahun 2017

CILEGON, (KB).- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon menargetkan untuk perolehan bulan dana PMI sebesar Rp 1 Miliar.Hal itu terungkap dalam peluncuran Bulan Dana Tahun 2017 sebagai rangkaian dari kegiatan memperingati HUT PMI yang ke-72, di salah satu hotel Kota Cilegon, Senin (2/10/2017). Ketua PMI Kota Cilegon Abdul Hakim Lubis mengatakan,  Bulan Dana PMI merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan selama 3 (tiga) bulan sesuai Surat Keputusan (SK) yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Cilegon.

“Kegiatan penggalangan dana ini bertujuan untuk menghimpun dana dari masyarakat baik perseorangan, kelompok, organisasi  dan lainnya yang hasilnya nanti disalurkan kembali oleh PMI kepada masyarakat dalam bentuk program atau kegiatan,” katanya. Menurutnya, sejumlah kegiatan meliputi, Diseminasi Kepalangnmerahan, Pengembangan Organisasi, Pembinaan Generasi Muda (Sukarelawan) yang terdiri dari Tenaga Suka Rela (TSR), Korps Suka Rela (KSR), Donor Darah Sukarela (DDS) dan Palang Merah Remaja (PMR).

Kemudian Kegiatan Kebencanaan Pengurangan Risiko Bencana, Tanggap Darurat Bencana dan Pemulihan Paskabencana) serta Pelayanan Kesehatan dan Sosial (Yankessos). “Hasil pelaksanaan Bulan Dana PMI akan diserahkan oleh panpel kepada pengurus PMI Kota Cilegon setelah kegiatan bulan dana berakhir.Kemudian hasil bersih bulan dana PMI Kota Cilegon dipergunakan untuk pelaksanaan kegiatan kepalang merahan-kemanuiasan baik tingkat pusat, provinsi dan Kab/Kota,”ujarnya.

Kepala Markas PMI Kota Cilegon Nurwarta Wiguna menyatakan, dalam acara tersebut, PMI Kota Cilegon secara simbolis menyerahkan bantuan  berupa, Perlindungan Air dan Sanitasi di Lingkungan Tembulun dan Sumur Pring, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak. Kacamata baca (kerjasama dengan Kasoem Vision Care) bagi pelajar dari kalangan keluarga tidak mampu. Pakaian seragam untuk warga, korban kebakaran di Lingkungan Kubangbale, Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Citangkil. “Kami juga memberikan Penghargaan kepada Donor Darah Sukarela (DDS) 10 dan 25 kali, kepada masyarakat Cilegon atas dedikasinya yang telah menyumbangkan darahnya secara rutin,”tuturnya.

Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi yang hadir dalam sambutannya mengatakan, dirinya menyambut baik atas kegiatan bulan dana yang digelar oleh PMI Kota Cilegon. Bahkan ia rela gajinya dipotong untuk disumbangkan pada kegiatan PMI. “Saya ikhlas gaji saya dipotong selama 3 bulan untuk kegiatan bulan dana PMI dan tentunya, kami bersama-sama dengan Aparatur Sipil Negara (ASN),Pegawai swasta  baik dari perusahaan,industri, lembaga keuangan dan lainnya untuk bahu membahu mengumpulkan dana bagi PMI,”ungkapnya.

Informasi yang berhasil dihipun, Panitia Bulan Dana yang telah dibentuk berdasarkan SK Walikota No.060.05/Kep.475-PMI/2017 yang diketuai oleh Sekda Cilegon Sari Suryati akan menyebarkan 3 (tiga) jenis kupon yakni Seri A Nominal Rp.1.000,-, Seri B Rp.2.000,-, dan Seri C Rp. 5.000,-,. Selain kupon, panitia juga mencetak stiker dengan nominal Rp.50.000,-untuk pejabat pemerintah dan swasta. (HS)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here