Target Imunisasi Rubella di Banten Rendah, Kemenkes & UNICEF ”Sweeping”

TANGERANG, (KB).- Pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bekerja sama dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF) melakukan sweeping terhadap anak-anak di Provinsi Banten yang belum melakukan imunisasi Measles Rubella (MR). Hal tersebut dilakukan, karena Provinsi Banten menempati urutan terendah dalam capaian target imunisasi MR di Pulau Jawa, yakni baru mencapai target sebesar 94,2 persen.

“Tujuan kami ingin mengajak masyarakat untuk melakukan imunisasi MR. Kami dari UNICEF mendukung Kemenkes dan Pemprov Banten supaya kampanye imunisasi MR sukses, minimal tercapai standar 95 persen,” kata Health Specialist UNICEF, dr Sugiarto seusai melakukan sweeping imunisasi MR di Kantor Kelurahan Sudimara Barat, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Jumat (13/10/2017).

Pihaknya telah bekerja sama dengan kepala daerah se-Tangerang Raya untuk menjaring anak-anak yang belum imunisasi untuk datang. Adapun sweeping tersebut dilakukan oleh seluruh pihak, mulai dari petugas di tingkat RT/RW sampai kelurahan dan kecamatan. Bahkan, para petugas tersebut juga melakukan sweeping sampai ke mal dan apartemen.

“Kalau kegiatan di seluruh Banten, tapi dipusatkan di Ciledug atas masukan dari Wali Kota Tangerang dan Dinkes Kota Tangerang. Kami mendapatkan dukungan berbagai pihak baik dari lurah, camat, wali kota juga oke, kepala Puskesmas, bidan, kader Posyandu, PMI, semua bergerak menjaring anak yang belum imunisasi,” ujarnya.

Melalui aksi sweeping tersebut, dia ingin menyadarkan banyak masyarakat akan pentingnya imunisasi MR bagi anak dan mengubah paradigma masyarakat akan efek samping dari imunisasi MR yang selama ini beredar, padahal tidak terbukti kebenarannya, seperti dapat menyebabkan autisme.

Berdasarkan data yang diterima Kabar Banten, baru 3 wilayah di Banten yang sudah mencapai target minimal 95 persen hingga Kamis (12/10/2017), yakni Pandeglang (95,89 persen), Serang (97,66 persen), dan Cilegon (101,46 persen), sedangkan Tangsel memiliki capaian target terendah di Banten, yakni 91,66 persen. (DA)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here