Tapak Si Kabayan, Pesona Jejak Kaki Raksasa di Batu Alam Pantai Sawarna

SAWARNA, sebuah desa di pesisir pantai Banten Selatan, tepatnya di wilayah Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak.
Pantai itu telah sejak lama dikenal masyarakat sebagai salah satu tempat tujuan wisata terbaik. Beragam destinasi wisata mulai dari hamparan pasir pantai, sejumlah gua, keindahan panorama dua bukit menjulang yang dikenal dengan sebutan Tanjung Layar, wisata hutan di kawasan milik Perhutani, serta lekukan menyerupai jejak kaki raksasa yang saat ini dikenal dengan sebutan Tapak Kaki Si Kabayan.

Tak ada cerita yang pasti tentang asal muasal keberadaan jejak kaki raksasa yang ditinggalkan oleh Si Kabayan yang dikenal sebagai salah satu tokoh cerita rakyat di Jawa Barat dan Banten. Salah seorang penggiat pariwisata di Banten yang juga mantan Kepala Desa Sawarna, Asep Erwin Komara Sukma menyatakan, penamaan Tapak Kaki Si Kabayan telah dilekatkan masyarakat pada objek itu sejak zaman dahulu.

”Penyebutan Tapak Kaki Si Kabayan telah saya kenal sejak dulu. Dan konon nama itu telah disematkan bersamaan dengan ditemukannya lekukan pada bebatuan pantai yang menyerupai jejak kaki itu,” kata Erwin yang juga pernah menjadi anggota legislatif Kabupaten Lebak itu.

Dalam laman resmi Dinas Pariwisata Provinsi Banten disebutkan, lekukan yang menyerupai jejak atau tapak kaki kanan memiliki ukuran panjang hingga mencapai ±2.5m sedangkan lebarnya ±0.7m. Menurut warga Sawarna, tapak kaki raksasa ini mitosnya merupakan peninggalan jejak kaki si kabayan, dan masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan “Tapak Si Kabayan“.

Batu alami Tapak Kaki Raksasa Si Kabayan ini, benar-benar sama persis dengan jejak atau tapak kaki manusia dengan ukuran yang sangat besar. Sampai saat ini belum ada penelitian ilmuan yang meneliti bentuk kaki raksasa yang terdapat di objek wisata Sawarna itu.

Wisata Tapak Kaki Raksasa Si Kabayan di Sawarna Lebak Banten merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan baik pada hari-hari biasa dan terutama pada masa liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari.

Wisata Tapak Kaki Raksasa Si Kabayan di Sawarna Lebak Banten memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda berada di kota Lebak tidak mengunjungi wisata Tapak Kaki Raksasa Si Kabayan di Sawarna Lebak Banten yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Tapak Kaki Raksasa Si Kabayan di Sawarna Lebak Banten sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan wisata Tapak Kaki Raksasa Si Kabayan di Sawarna Lebak Banten ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Tapak Kaki Raksasa Si Kabayan di kota Lebak.

Wisata Tapak Kaki Raksasa Si Kabayan di Sawarna Lebak Banten merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Lebak juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Lebak juga terkenal akan wisata Tapak Kaki Raksasa Si Kabayan di Sawarna Lebak Banten yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Untuk menuju destisasi wisata Tapak Kaki Raksasa Si Kabayan, pengunjung harus melalui jembatan gantung dan hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua saja. Sampai sekarang tapak kaki ini masih utuh dan menjadi salah satu objek wisata yang layak dikunjungi saat kita berwisata ke Sawarna. (Dini Hidayat)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here