Kamis, 18 Oktober 2018

Tanto Warsono Arban: Serapan Anggaran Masih Rendah

PANDEGLANG, (KB).- Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban mengatakan, serapan anggaran pembangunan relatif masih rendah sekitar 40 persen. Padahal, target penyerapan anggaran hingga Oktober, seharusnya bisa mencapai 70 persen.

“Hasil laporan yang diterima dari kepala organisasi perangkat daerah (OPD), serapan anggaran rendah akibat banyak pihak ketiga belum memproses penyerapan,” kata Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban kepada Kabar Banten, Rabu (10/10/2018).

Ia mencontohkan, ketika Pemkab Pandeglang telah memberikan pembayaran sebesar 30 persen untuk progres di lapangan yang kondisi fisiknya mencapai 70 persen, namun pihak ketiga tidak mau memproses pembayaran di awal. Sebaliknya mereka ingin proses pembayaran di akhir pekerjaan.

”Serapan anggaran yang kita targetkan seharusnya 70 persen, tetapi kondisi saat ini masih diangka 40 persen. Memang hasil laporan dari kepala dinas dan kepala badan menyebutkan serapan itu sebetulnya sudah mencapai target, namun saja belum diproses. Tadi, saya tekankan dalam rapat koordinasi agar segera diproses pembayaran serapan anggaran. Mudah-mudahan di akhir bulan ini serapannya sesuai target yang ditetapkan diangka 70 persen,” ujarnya.

Selain itu, Tanto sudah menginstruksikan para kepala OPD pengelola bantuan keuangan (bankeu) provinsi agar menyerap anggaran secara optimal, tepat sasaran dan terukur.

”Jika ada kendala sampaikan kepada kami apa yang menjadi kendala, nanti kita akan cari solusinya. Soalnya, jika anggaran bankeu tidak terserap tahun depan bisa berkurang bantuan untuk Pandeglang,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Pandeglang, Indah Dinarsiani mengatakan, pengadaan barang dan jasa jumlah yang dilelangkan sebanyak 237 paket. Dari jumlah tersebut 222 telah selesai.

”Saat ini yang tersisa satu penunjukkan langsung, satu sedang tayang, sembilan gagal lelang, dan yang sedang dikaji oleh pokja ada empat. Untuk Bankeu 59 paket, 56 selesai, tinggal sisa tiga, dan satu sedang proses tender dan dua sisanya akan tender ulang,” ucapnya. (IF)*


Sekilas Info

Pemkab Pandeglang Didesak Bentuk Perda Honorer

PANDEGLANG, (KB).- Sejumlah perwakilan tenaga honorer Pandeglang, khususnya dari tenaga guru mendesak Pemkab dan DPRD agar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *