Tanto Siap Bantu Modal UMKM

PANDEGLANG, (KB).- Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban siap mendukung dan memberikan permodalan untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Pandeglang. Selain itu, Tanto akan memfasilitasi regulasi atau payung hukum serta sarana infrastruktur yang menopang kemajuan UMKM.

“Kami akan bantu permodalan UMKM dan regulasi serta infrastruktur untuk meningkatkan nilai ekonomi dari suatu produk,” kata Wakil Bupati Pandeglang Tanto saat memberi materi sosialisasi strategis kebijakan pengembangan ekonomi kreatif di Pandeglang yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di oproom, Kamis (5/12/2019).

Menurut Tanto, Pemkab saat ini sudah menyiapkan aplikasi One Single Subnetion (OSS) dan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang sedang dalam proses. ‚ÄĚNanti tujuannya untuk memperkecil gerak dari oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Tanto, jika mendapatkan kesulitan dalam perizinan, maka pemerintah akan membantu. Sehingga para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) harus mendukung setiap produk yang dibuat oleh para pelaku UMKM di Pandeglang. Sebab jika persoalan tersebut dibiarkan akan menghambat tumbuh kembangnya ekonomi kerakyatan.

“Sekarang sudah ada beberapa destinasi kuliner yang dibuat oleh Pemkab untuk para pelaku UMKM. Termasuk dukungan para driver ojek online yang dikembangkan oleh anak muda Pandeglang,” tuturnya.

Seorang pemilik kuliner bakso ngeces Cimanuk Dede Taufik berharap agar ada pusat informasi UMKM Center dan pelatihan bagi para pelaku usaha. “Dengan kebijakan seperti ini akan mengangkat semua produk yang dibuat oleh para pelaku usaha kecil menengah di Pandeglang,” ujarnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here