Tanpa Akses Jalan yang Baik, Pesona Objek Wisata Bukan Apa-apa

AKSES jalan yang baik menjadi salah satu faktor penggerak kemajuan suatu daerah. Segala akses yang diperlukan tentu akan lebih mudah dengan infrastruktur memadai, utamanya dalam transportasi. Tak terkecuali, akses infrastruktur jalan menuju objek wisata. Agar destinasi wisata maju dan berkembang, maka akses jalan yang baik menjadi sesuatu wajib dipenuhi.

Kondisi tersebut salah satunya terjadi di objek wisata alam Air Terjun Curug Tujuh dan Sumpel di Desa Majasari, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten. Pesona Curug Tujuh dan Sumpel seakan memudar, tertutup buruknya akses infrastruktur jalan menuju kesana.

Sadar akan hal itu, Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) Cisarua tidak tinggal diam, dengan bergerak melakukan upaya membuka akses jalan secara gotong royong dengan masyarakat sekitar.

“Setiap hari libur, objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sayangnya, akses jalan tidak baik. Sehingga, Pokdawis dan masyarakat tergerak membuka akses jalan,” kata Ketua Pokdawis Cisarua, Uher, Jumat (14/12/2018).

Objek wisata air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Letak objek wisata ini juga cukup strategis, tidak jauh dari akses jalan utama. Air terjun ini memiliki pesona yang sangat luar biasa. Wajar meski akses jalan menuju lokasi tidak memadai, tetap banyak wisatawan yang datang

“Dengan kondisi jalan seperti ini saja, wisatawan banyak yang datang. Kami yakin, jika akses jalannya baik, maka akan lebih banyak lagi wisatawan yang datang,” katanya.

Menurutnya, dengan kedatangan berbagai wisatawan ke desa tersebut, diyakini mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar. Selain itu, akses jalan ini juga bermanfaat bagi para petani yang akan menuju ke persawahan.

“Kita harap, baik pihak swasta maupun pemerintah daerah melalui Dinas pariwisata (Dispar) bisa membenahi akses jalan wisata ini. Karena apa yang kami lakukan tentu hanya sebatas alakadarnya saja, hasilnya tidak maksimal,” tuturnya. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here